10 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Cegah Penyakit TBC di Usia Produktif, Mahasiswa USU Diskrining

Medan, MISTAR.ID

Mencegah penyebaran penyakit TBC pada kalangan usia produktif, mahasiswa di Universitas Sumatera Utara (USU) diskrining, Rabu (16/8/23).

Dalam alur pelaksanaan skrining gejala klinis TBC sendiri, mahasiswa diminta mengukur suhu tubuh melalui link aplikasi SOBAT TB, kemudian masuk ruang tunggu dan mengisi formulir https:/bit.ly/skriningtbusu, sambil menunggu antrian mahasiswa diedukasi terkait penyebaran TBC, kemudian proses skrining dengan menggunakan x-ray atau Tes Cepat Molekuler (TCM).

Dikatakan Rektor USU Prof. Dr. Muryanto Amin, dari hasil screening TBC ini akan ada tindak lanjut dari pihak universitas jika menemukan mahasiswa yang terindikasi positif TBC.

Baca juga: Pengobatan TBC di Sumut Capai 90,2 Persen

“Ini penting untuk menunjukkan ketahanan kesehatan mahasiswa. Kalau dia gak sehat bagaimana dia mau belajar nanti. Kalau ada penyakit lain juga akan di rawat jalan. Nah, kalau untuk TBC ini kan pasti lebih lagi penangannya,” kata Muryanto pada wartawan, Rabu (16/8/23).

Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan berbagai pihak dan baru kali pertama digelar di USU. Mahasiswa yang mengikuti tes lebih dari 100 orang.

Related Articles

Latest Articles