35.2 C
New York
Wednesday, July 17, 2024

Pj Gubsu Beri Penghargaan Lingkungan Hidup ke 18 Perusahaan dan 7 Sekolah di Deli Serdang

Deli Serdang I MISTAR.ID

Sebanyak 18 perusahaan dan 7 sekolah serta 1 kelompok tani dari Kabupaten Deli Serdang mendapat penghargaan lingkungan hidup dari Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Hassanudin.

“Benar ada 18 perusahaan yang menerima penghargaan program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup (Proper) tahun 2023.Kemudian 7 sekolah menerima penghargaan Adiwiyata,serta program kampung klim (proklim) yang diberikan kepda Kelompok Juli Tani,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Deli Serdang, Elinasari Nasution, Sabtu (4/5/24)

Dijelaskan Elinasari Nasution,Penghargaan Lingkungan Hidup 2023 diserahkan oleh Pj Gubsu, Hassanudin di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Jumat (3/5).

Baca juga: Kejari Siantar Geledah Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Koper Berisi Dokumen Disita

Proper itu, tambah Elinasari Nasution, adalah program peringkat kinerja perusahaan yaitu penilaian terhadap ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup sesuai ketentuan peraturan yang berlaku dalam bidang lingkungan hidup.

Sedangkan sekolah yang memperoleh Adiwiyata adalah sekolah yang berbudaya lingkungan,menerapkan budaya dan menjaga lingkungan hidup sejak dini.

“Kita berharap,penghargaan tersebut menjadi penambah spirit bagi perusahaan, sekolah dan kelompok tani untuk terus meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan lingkungan hidup. Bagi perusahaan, penilaian itu berdasarkan indikator kinerja utama, pengawasan ketaatan, pengendalian pencemaran air limbah, emisi dan limbah B3,” papar Elinasari.

Baca juga: Peringati Hari Bumi, Aktivis Lingkungan di Medan Serukan Aksi Perubahan Iklim

Adapun penghargaan Adiwiyata 7 sekolah SD, SMP berasal dari Kecamatan Percut Sei Tuan 1 sekolah, Batang Kuis 1 sekolah, Sunggal 1 sekolah, Pagar Merbau 2 sekolah, Patumbak 1 sekolah dan Kecamatan Beringin 1 sekolah. Kemudian penghargaan proklim diterima oleh Kelompok Jali Tani dari Dusun Jogja Desa Sidodadi Ramunia,Kecamatan Beringin.

Kata Elinasari, pihaknya akan terus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan.Serta mensosialisasikan upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup.

“Hal itu juga akan terus kita lakukan terhadap sekolah-sekolah yang ada di Deli Serdang,”tandasnya.(rinaldi/hm17)

Related Articles

Latest Articles