19.5 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Bulan Bakti Nelayan, 200 Nelayan Kecil di Belawan Dapat Bantuan

Medan, MISTAR.ID

Saat kunjungan kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan RI di Bulan Bakti Nelayan, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin, menyerahkan bantuan paket sembako, sertifikat, dan buku pelaut kepada 200 nelayan kecil di Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Jumat (8/12/23).

Hassanudin mengatakan, Bulan Bakti Nelayan adalah implementasi konkrit dari perhatian pemerintah terhadap perlindungan dan pemberdayaan nelayan, karena nelayan merupakan ujung tombak memenuhi kebutuhan protein masyarakat.

Ia menjelaskan, Pemprov Sumut telah melaksanakan berbagai program pengelolaan kelautan dan perikanan, termasuk memberikan bantuan alat tangkap ikan, kapal perikanan, dan asuransi nelayan.

“Sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian nelayan, sampai tahun ini, Pemprov Sumut telah mengalokasikan asuransi nelayan kepada 58.557 nelayan,” ujanrya.

Sementara Direktur Jenderal Perikanan Tangkap melalui Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Belawan, Asep Saepulloh mengatakan, Bulan Bakti Nelayan adalah bagian dari upaya perlindungan dan pemberdayaan yang dilakukan pemerintah.

Ditjen Perikanan Tangkap juga memiliki berbagai program seperti bantuan alat tangkap, mesin kapal perikan, dan diversifikasi usaha nelayan dan membentuk Kampung Nelayan Maju (Kalaju) dan Kampung Nelayan Modern (Kalamo).

“Kami yakin, dengan sinergi semua pihak, kita mampu mencapai tujuan besar untuk mewujudkan perikanan tangkap nasional yang semakin maju, berkelanjutan, dan menyejahterakan,” ujar Asep Saepulloh. (Hutajulu/hm17)

Related Articles

Latest Articles