20.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

BPS Sumut: Hasil Survei Biaya Hidup, 3 Kabupaten Ditambah

Medan, MISTAR.ID

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan sosialisasi hasil Survei Biaya Hidup (SBH) 2022, perubahan tahun dasar Indeks Harga Konsumen (IHK) di Gedung BPS Sumut, Jalan Asrama, Kota Medan, Selasa (30/1/24).

Dalam hasil ini, BPS Sumut menambah tiga daerah sebagai lokasi Survei Biaya Hidup (SBH) 2022. Dengan adanya tambahan tersebut, saat ini ada delapan kota yang dijadikan Indeks Harga Konsumen (IHK) untuk rilis inflasi pada 1 Februari 2024 mendatang.

Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanudin menyampaikan pada 3 daerah yang ditambahkan ini merupakan hasil SBH 2022 yang digunakan untuk 2024.

Baca juga : BPS Sumut Gelar FGD Penyusunan PDRB Triwulanan dan Rebasis PDRB Berbasis CVM

Kegiatan SBH yang dilakukan selama 4 tahun ini merupakan rangkaian satu kesatuan yaitu kegiatan persiapan pada 2021, pelaksanaan lapangan pada 2022, pengolahan dan sosialisasi hasil pada 2023.

“Dan ini resmi digunakan sebagai laporan inflasi Sumut untuk Januari 2024. Ketiga daerah yang dijadikan SBH atau daftar IHK Sumut, itu semuanya berstatus kabupaten,” ujarnya.

Sebelumnya, 5 daerah yang sudah dijadikan lokasi pemantauan IHK, yakni Kota Medan, Pematangsiantar, Sibolga, Padangsidempuan, dan Gunungsitoli. Selain itu, tiga daerah tambahan tersebut yakni Deli Serdang, Labuhanbatu, dan Karo.

Related Articles

Latest Articles