11.1 C
New York
Sunday, April 28, 2024

BPS Catat Sumut Deflasi 0,07% di Agustus 2023

Medan, MISTAR.ID

Perkembangan inflasi dari gabungan lima kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Sumatera Utara (Sumut) pada Agustus 2023 secara month to month (m-to-m) mengalami deflasi. Besaran deflasi sebesar 0,07% di Sumut. Sedangkan untuk nasional juga mengalami deflasi yang tercatat sebesar 0,02%.

Dikatakan Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanudin bahwa di tahun 2023 ini, tercatat inflasi sebesar 0,91% sedangkan untuk nasional tercatat inflasi 1,43%.

“Artinya angka 0,91% ini relatif lebih terkendali dari angka inflasi nasional secara tahun kalender tersebut,” ujar Nurul, Jumat (1/9/23).

Adapun indikator secara m-to-m dalam tiga tahun belakangan ini terjadi deflasi. Di lihat di 2022 lalu juga tercatat deflasi yang tinggi -0,30 persen. Sambungnya, bila dilihat melalui kelompok pengeluaran yang memberikan angka paling dalam untuk terjadinya deflasi ada pada kelompok makanan, minuman dan tembakau dengan andil sebesar -0,12%.

Baca juga: Beras dan Cabai Diprediksi Sumbang Inflasi di Sumut pada Agustus

“Di sana ada daging ayam ras, ada ikan, ada bawang merah dan angkutan udara yang memberikan deflasi cukup dominan,” katanya.

Sedangkan untuk inflasi sendiri, Nurul mengatakan ada pada kelompok pengeluaran pendidikan. Selaras dengan nasional, dimana di Sumut tercatat sebesar 0,67% dengan andil 0,04. Sebab pada periode ini memasuki tahun ajaran baru.

“Ada biaya masuk untuk SD, SMP dan SMA dan juga perguruan tinggi secara umum maka mengalami peningkatan,” imbuhnya.

Related Articles

Latest Articles