24.2 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Bobby Nasution Ajak Jemaat HKI Wujudkan Pemilu Damai

Medan, MISTAR.ID

Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengajak masyarakat, termasuk jemaat  (HKI), untuk mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) yang aman, damai dan berkualitas.

Ajakan ini disampaikannya dalam Seminar Kebangsaan yang digelar HKI di Danau Toba International Hotel, pada Sabtu (27/1/24).

“Pemilu yang aman, damai dan berkualitas adalah tujuan yang harus kita capai bersama, baik penyelenggara, pemerintah, TNI-Polri, pemuka agama, serta seluruh masyarakat,” ujarnya.

Baca juga:Bobby Nasution Ajak MUI Edukasi Masyarakat Gunakan Hak Pilih di Pemilu 2024

Bobby menyebut, salah satu gangguan internal yakni adanya upaya yang membuat masyarakat tidak percaya kepada penyelenggara.

“Misalnya, ada kontestan incumbent, kontestan yang partai-partainya masuk ke pemerintahan, pasti dibahas-bahas terus netralitas. Kita di sini berbangsa dan bernegara. Kita mempunyai aturan, skema yang sudah ditetapkan, telah diundang-undangkan dan tahapan-tahapan sudah diinformasikan dengan jelas,” sebutnya.

Orang nomor 1 di Pemko Medan ini berharap, masyarakat bisa menyaring informasi yang berbeda. Adanya ketidakpercayaan satu sama lain akan memudahkan datangnya gangguan dari eksternal.

Baca juga:Jelang Pemilu 2024, Bobby Nasution Ajak Semua Jaga Kekondusifan Kota Medan

“Kita sebagai umat beragama bisa menyaring, mana kira-kira isu yang memprovokasi. Dan isu-isu yang hanya membuat kita tidak percaya pada instansi pemerintahan saat ini,” ungkapnya.

Terkait kualitas Pemilu, Bobby menekankan pentingnya partisipasi politik. Menurutnya, Kota Medan pernah menjadi kota yang paling rendah partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Indonesia.

“Partisipasi politik kita di Kota Medan harus tinggi. Masyarakat harus menggunakan hak pilihnya,” pesannya. (rahmad/hm16)

Related Articles

Latest Articles