17 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

BIN Sumut Kembali Gelar Vaksinasi Door to Door di Medan

Medan, MISTAR.ID

Badan Intelijen Negara (BIN) Sumatera Utara (Sumut) kembali menggelar program vaksinasi door to door di Jalan Abdul Manaf Lubis, Kelurahan Helvetia Tengah Kecamatan Medan Petisah, Kamis (12/8/21).

Kepala BIN Sumut Brigjen Jauhari Puja mengatakan, program vaksinasi door to door yang digelar BIN Sumut menggunakan satu kendaraan untuk memudahkan mobilitas. Dikatakan, total 3.000 dosis vaksin disiapkan untuk menjalankan program ini.

“Langkah ini dilakukan untuk memudahkan tenaga kesehatan memberikan suntik vaksin kepada masyarakat,” ujarnya. Dalam pelaksanaannya, tenaga kesehatan tetap berada di mobil. Petugas akan mengetuk pintu rumah warga yang belum divaksin untuk datang ke mobil yang sudah ada tenaga kesehatan untuk menerima suntikan.

Baca juga: Selain Door To Door, BIN Sumut Gelar Vaksinasi Massal Khusus Pelajar di Medan

Jauhari menjelaskan, cara itu dilakukan berdasarkan evaluasi yang dilakukan saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 door to door tahap pertama. Pada pelaksanaan tahap pertama, para nakes yang bertugas mengalami kendala karena harus berpindah dari satu rumah ke rumah lainnya.

“Sebelumnya mobilitas kurang karena mereka harus berpindah sambil membawa peralatan vaksinasi. Karena itu, kami memutuskan menggunakan mobil sehingga memudahkan mobilitas para nakes karena barang-barang tetap berada di mobil, dan kami mengetuk rumah warga untuk mengikuti vaksin,” ujarnya.

Selain program vaksin door to door, BIN Sumut juga menggelar vaksinasi lanjutan di SMP Negeri 11 Medan dan SMA Negeri 1 Medan. Adapun jumlah pelajar yang divaksin di dua lokasi tersebut sekitar 2.000 orang. “Sementara total vaksin yang kami siapkan untuk program vaksinasi pelajar dan door to door ini sekitar 3.000,” pungkasnya. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles