17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Besok, Pendaftaran Mudik Gratis Pemko Medan Resmi Dibuka

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Perhubungan secara resmi akan membuka pendaftaran mudik bareng gratis tahun 2023/1444H mulai besok, Senin (3/4/23) hingga Kamis (6/4/23) mendatang.

Adapun pendaftaran dibuka sejak pukul 09.00 hingga pukul 15.00 WIB di Kantor Dinas Perhubungan Kota Medan Jalan Pinang Baris No 114 A, Kantor PKB Amplas di Jalan KH Rifai A Manaf Lubis dan Taman Ahmad Yani Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Medan Maimun.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran secara langsung di tiga lokasi tersebut.

Baca juga: Pendaftaran Mudik Gratis Pemko Medan Dibuka Awal April, Cek Tanggalnya

“Persiapan sudah matang, mulai besok (hari ini) ketiga lokasi pendaftaran sudah dibuka, yaitu mulai pukul 9 pagi sampai pukul 3 sore. Kita ingatkan kembali, saat melakukan pendaftaran masyarakat harus membawa identitas diri,” ucap Iswar, Minggu (2/4/23).

Untuk itu, Iswar mengimbau dan mengajak semua masyarakat yang beraktifitas di Kota Medan dan berkeinginan untuk kembali ke kampung halaman saat Idul Fitri 2023 segera mendaftarkan diri di salah satu dari tiga lokasi pendaftaran yang telah disiapkan karena Mudik Bareng Pemko Medan 2023′ memiliki kuota terbatas, yakni 5.000 penumpang ke 12 kota tujuan di Sumatera Utara.

“Artinya walaupun pendaftaran kita buka selama empat hari, yaitu dari 3-6 April 2023, namun bila misalnya dua hari saja pendaftaran kita buka kuota 5.000 penumpang sudah terpenuhi, maka pendaftaran akan langsung kita tutup tanpa harus menunggu sampai 6 April 2023. Jadi masyarakat yang ingin memanfaatkan program mudik gratis ini boleh mendaftar,” katanya.

Untuk masyarakat yang tidak sempat datang ke lokasi pendaftaran, sambung Iswar, Dishub Medan juga telah membuka pendaftaran secara online, yakni dengan menggunakan Google Form lewat alamat http://forms.gle/guAYTWicmXMynJY59 atau melalui scan barcode
yang telah disediakan. Pendaftaran secara online tersebut juga dibuka sejak besok hingga 6 April 2023 mendatang.

Dijelaskan Iswar, setelah melakukan pendaftaran baik secara offline maupun online, peserta dapat melakukan pengambilan tiket secara langsung di Taman Ahmad Yani mulai 10-14 April 2023, yaitu dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Baca juga: Erick Thohir Siap Luncurkan Mudik Gratis BUMN

“Pemberangkatan akan dilakukan selama 3 hari berturut-turut, yaitu pada 19, 20 dan 21 April 2023 di Jalan Masjid Raya Medan. Bagi yang sudah memegang tiket, dapat berangkat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan di masing-masing tiket,” katanya.

Iswar pun menyebutkan, masyarakat yang mengikuti program ‘Mudik Bareng Pemko Medan 2023’ ini tidak hanya bisa menikmati transportasi mudik secara gratis, tetapi juga akan difasilitasi dengan berbagai akomodasi yang juga telah disiapkan Pemko Medan secara
gratis.

“Setiap peserta ‘Mudik Bareng Pemko Medan 2023’ akan mendapatkan snack box (kue kotak) untuk berbuka puasa, makan sahur, baju kaos, hingga bingkisan Lebaran untuk keluarga di rumah,” sebutnya.

Diterangkan Iswar, adapun 12 kota tujuan di Sumatera Utara pada program mudik gratis Pemko Medan di tahun 2023 ini, yakni;

1. Medan – PakPak Bharat (Salak)
2. Medan – Sidikalang
3. Medan – Sibolga
4. Medan – Sipirok
5. Medan – Kota Pinang
6. Medan – Padang Sidempuan
7. Medan – Tarutung
8. Medan – Panyabungan
9. Medan – Natal
10. Medan – Rantau Prapat
11. Medan – Sibuhuan
12. Medan – Gunung Tua.

Baca juga: 1.900 Orang Sudah Daftar Mudik Gratis, Dishub Sumut Akan Verifikasi Data Lagi

“Semua ini merupakan bentuk kepedulian dari Wali Kota Medan, Bapak Bobby Nasution. Untuk itu, mari kita manfaatkan program mudik gratis yang telah disiapkan Bapak Wali Kota Medan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pada tahun 2022 lalu Pemko Medan juga menggelar kegiatan mudik gratis dengan kuota 3.500 orang. Atas besarnya antusiasme masyarakat tersebut, Pemko Medan kembali menggelar kegiatan mudik gratis di tahun ini dengan meningkatkan kuota menjadi 5.000 orang. (rahmad/hm09)

Related Articles

Latest Articles