22.5 C
New York
Wednesday, August 7, 2024

Bawaslu Sumut: Peran Pers dan Masyarakat Penting agar Pilkada 2024 Kondusif

Medan, MISTAR.ID

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Utara (Sumut) menyampaikan pentingnya menggandeng kalangan insan pers, influencer dan organisasi kemasyarakatan di Sumut untuk ikut melakukan pengawasan di Pilkada serentak 2024.

Hal ini disampaikan Koordinator Divisi Humas, dan Data Informasi Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu saat melaksanakan Forum Grup Diskusi (FGD) Sosialisasi Pilkada Damai Dalam Rangka Menciptakan Stabilitas Pesta Demokrasi Yang Kondusif Tahun 2024 di Hotel Grandhika, Jalan Dr. Mansyur, Medan. Selasa, (6/8/24).

Baca juga: Kawal Coklit, Bawaslu Sumut Lakukan Uji Petik

“Karena Pilkada serentak kali ini sangat unik, banyak daerah yang menggelar pemilihan kepala daerah masing-masing, sehingga butuh sinergi dari seluruh stakeholder untuk sama-sama mengawasi,” sebutnya.

Saut menjelaskan, bahwa setiap tahapan yang diawasi dapat berpotensi menjadi pelanggaran. Dalam hal inilah perlu peran insan pers dan masyarakat untuk membangun suasana kondusif di Pilkada serentak 2024 di Sumut.

“Sekecil apapun potensi untuk pelanggaran pada tahapan pemilihan serentak, harus dilakukan langkah pencegahannya,” jelasnya.

Baca juga: Bawaslu Sumut Klaim Gesekan Konflik Pemilu 2024 Menurun

Oleh sebab itu, Saut menyampaikan kepada peserta FGD agar melaporkan ke Bawaslu jika melihat adanya temuan pelanggaran.

Related Articles

Latest Articles