32.1 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Baskami Ginting: Parlemen Pelajar Sumut Belajar Gerakan Antikorupsi

Medan, MISTAR.ID

Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting menekankan pentingnya menanamkan komitmen anti korupsi sejak usia dini kepada para pelajar.

Hal itu ia katakan saat meresmikan pelaksanaan Parlemen Pelajar Sumatera Utara Batch 2 di Gedung Paripurna DPRD Sumatera Utara, Selasa (28/11/23) kemarin.

“Saya berharap kepada anak-anakku yang mengikuti acara ini, agar mampu menjadi motor penggerak gerakan antikorupsi di sekolah dan lingkungannya,” tegasnya.

Baskami menyampaikan, memahami korupsi sebagai kejahatan luar biasa yang dapat meruntuhkan sendi-sendi bernegara harus menjadi bagian integral dalam pemahaman siswa.

Baca Juga: Aksi Solidaritas Pulau Rempang dan Galang, Baskami Janji Teruskan ke Pusat

Lebih jauh ia mengatakan, perilaku koruptif perlu dipahami secara komprehensif, termasuk pengertian, jenis, dampak, dan hukuman bagi pelakunya.

Sebagai generasi penerus, perilaku jujur dan berintegritas, kata Baskami, harus ditanamkan dalam diri dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya minta agar anak-anak ku sekalian menjadi pribadi yang jujur dan berintegritas,” imbuhnya.

Selain itu, Baskami juga menyoroti pentingnya menegakkan disiplin, sikap menghormati dan menghargai orangtua serta guru, serta menjauhi narkoba. Dia percaya, para siswa merupakan anak-anak pintar yang berbakti dan menghormati orangtua dan guru.

Di sisi lain, antusiasme peserta terlihat dari ungkapan Hanuf Samudera, siswa SMA Negeri 1 Padang Sidempuan. Ia mengungkapkan rasa senangnya ikut Parlemen Pelajar.

Baca Juga: Fraksi Golkar Abaikan Instruksi Ketua Partai, Gerindra dan Demokrat Usulkan Pj Bupati Dairi dari Pemprov Sumut

“Kami diberikan pengetahuan terkait korupsi. Kami juga mendapatkan pengalaman untuk melihat seluruh aktivitas di gedung dewan,” ujarnya.

Aurel Simarmata, siswa SMA Negeri 2 Pangururan, Samosir, yang mengikuti kegiatan parlemen pelajar untuk pertama kalinya, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Baskami Ginting.

“Terimakasih kepada Bapak Ketua, yang telah memfasilitasi kami. Kami bisa rapat dan tahu apa-apa saja kegiatan para Anggota Dewan seperti rapat fraksi, sidang paripurna, dan lainnya. Excited sekali,” pungkasnya. (Hutajulu/hm22)

Related Articles

Latest Articles