16.4 C
New York
Thursday, October 3, 2024

Atasi Masalah Pemasaran, Petani Dilatih Memanfaatkan Teknologi Digital

Medan, MISTAR.ID

Kelompok Tani Dosroha, Desa Pagarjati, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang mengikuti pelatihan dalam penerapan komunikasi pemasaran dan pemanfaatan teknologi digital, Kamis (3/10/24).

Program inisiasi tim PKM Universitas Darma Agung (UDA) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Kelompok Tani Dosroha untuk pemasaran dan peningkatan produk.

Ketua tim PKM UDA, Besti Rohana Simbolon mengatakan pelatihan ini bisa membuka peluang bagi para petani untuk memperkenalkan dan memajukan hasil produk pertanian mereka. Kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi pada minggu lalu, dan akan terus dilakukan secara bertahap hingga November mendatang.

“Karena tidak semua bisa menggunakan teknologi digital, jadi petani yang berumur di atas 50 tahun mereka akan menyuruh anaknya lah untuk dilatih. Lalu untuk orang tua, mereka sebagai pelaku untuk diambil konten terkait kegiatan pertanian,” katanya kepada Mistar.id, Kamis (3/10/24).

Baca juga:Pria Ini Bangun Komunitas Petani Muda Hingga Berhasil Ekspor Buah ke China

Ketua kelompok tani dan sekretaris gabungan kelompok tani (gapoktan), Franson Luhut Sinaga mengaku senang dengan kegiatan pelatihan ini. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini akan membawa dampak baik bagi para petani.

“Kita sudah mengerti nantinya gimana supaya kita tidak terpojok dengan keadaan pemasaran. Mungkin nantinya karena sudah lebih luas kita mengetahui bagaimana di Nusantara ini pemasaranya yang tepat ataupun kemana pelemparannya yang sudah tertentu,” tuturnya.

Ia juga berharap agar Kelompok Tani Dosroha boleh semakin menjaga kebersamaan.

“Saling bahu-membahu di dalam hal informasi di mana di era globalisasi digital pertanian ini sangat-sangat dibutuhkan kira-kira begitu,” tutupnya. (susan/hm17)

Related Articles

Latest Articles