11.2 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Antisipasi Cuaca Ekstrim, Polda Sumut Dirikan Pos Terpadu Selama Nataru

Medan, MISTAR.ID

Polda Sumatera Utara (Sumut) sangat mengantisipasi cuaca ekstrem selama pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Hal itu dikatakan Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendy usai rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

“Kita mengetahui dalam perayaan Natal dan Tahun Baru ini ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan antara lain, cuaca yang masih cukup ekstrim dengan air hujan dan kondisi cuaca lainnya dengan curah hujan yang cukup tinggi,” ujarnya di Mapolda Sumut, Kamis (15/12/23).

Dalam mengantisipasi cuaca ekstrim ini, sambung dia, pihaknya bersama stakeholder akan menyiapkan pos terpadu di lokasi-lokasi yang dinilai rawan bencana.

“Kita mendapatkan beberapa titik terjadi longsor, banjir bandang juga ada. Sehingga kita perlu menyiapkan satuan tugas terpadu dan nanti akan ada pos terpadu untuk menyiapkan hal-hal yang sikapnya kebencanaan,” ucapnya.

Baca Juga : Prediksi Arus Mudik dan Balik Nataru 2023/2024

Berdasarkan pengalaman belum lama ini, kata Agung, pihaknya bisa membuka jalan sisa longsor di Kabupaten Humbahas. “Alhamdulillah dari waktu ke waktu longsor yang menutup jalan bisa kita selesaikan kurang dari 1 hari sehingga jalan bisa berfungsi,” terangnya.

Selama pelaksanaan Nataru ini, kata dia, sebanyak 12 ribu lebih personel gabungan yang diturunkan. “Hari ini melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru. Tahun ini Polda Sumatera Utara melaksanakan Operasi Lilin agar pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 berjalan baik,” ucapnya.

Pihaknya mengerahkan 12.000 personel lebih yang diharap bisa menjamin keamanan di seluruh Sumatera Utara. Kemudian mendirikan 120 Pos Pengamanan (Pospam), 75 Pos Pelayanan (Posyan) dan 12 Pos Terpadu. “Tentu ini akan menjamin keamanan di Sumut,” pungkasnya. (saut/hm24)

 

Related Articles

Latest Articles