10.5 C
New York
Wednesday, April 24, 2024

Aneka Produk Kopi Unggulan dari Kabupaten Dairi Dipromosikan di PRSU  

Medan, MISTAR.ID

Kabupaten Dairi merupakan salah satu penghasil kopi yang sudah dikenal sejak lama di Sumatera Utara (Sumut). Sejumlah jenis kopi asal Dairi tampak dipamerkan dan dijual di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU).

Salah seorang penjaga stand Pemkab Dairi di PRSU, Anisa mengatakan, Dairi memang semakin memiliki produk dan merek kopi, mulai dari jenis Arabika dan Robusta.

“Banyak merek kopi keluaran Sidikalang saat ini,”kata Anisa kepada Mistar.id, Senin (10/7/23).

Baca juga: Kopi Fest Indonesia Digelar 5 Hari di Medan, Wadah Pelaku Industri Kreasi Berbahan Kopi

Adapun jenis kopi yang dimaksud antara lain, Tanpak Sidikalang (kopi robusta), Burung-burung Coffee, Kopi Zest d’Pinagar Sidikalang (kopi arabika organik).

Ia juga menjelaskan harga kopi dalam kemasan itu dijual berkisar Rp 25 ribu sampai Rp 55 ribu per 250 gram. Ada juga pembeli yang membeli beberapa produk kopi Dairi dengan alasan untuk contoh ke pembeli luar Sumut dan luar negeri.

Dia tidak mengetahui persis siapa nama atau dari mana pembeli kopi di stan Pemkab Dairi itu.

Baca juga: China Cegah Impor Produk Makanan Laut dari Jepang Imbas Limbah Nuklir

“Dia hanya bilang, butuh beberapa kopi dengan berbagai merek untuk contoh ke pembeli kopi lain di luar Sumut bahkan ke luar negeri,”ujarnya.

Anisa mengatakan, sejak dulu kopi Dairi seperti kopi Sidikalang sudah dikenal hingga keluar negeri, sehingga Pemkab Dairi juga terus melakukan pembinaan dan membantu mendorong penjualan. Salah satu upaya mempromosikan produk UKM dengan memamerkan produk-produk kopi tersebut di arena PRSU.

Baca juga: Bupati Samosir Tanam Kopi Di KPT Tele

Dairi sendiri tercatat merupakan salah satu penghasil kopi di Sumut. Tidak hanya itu, Dairi juga memamerkan berbagai produk unggulan lainnya, walaupun biasanya pengunjung lebih tertarik dengan produk kopi.

“Selain kopi, ada tenunan dan produk rempah lainnya yang dipamerkan dan dijual di stan Pemkab Dairi,”kata Afriany seorang penjaga stan lainnya. (andreas/hm17)

Related Articles

Latest Articles