4.9 C
New York
Monday, April 22, 2024

Ancaman Peternak Mandiri, Harga Jagung Alami Kenaikan

Medan, MISTAR.ID

Harga rata-rata jagung untuk pakan ternak di Sumatera Utara (Sumut) masih terus mengalami kenaikan.

Menurut pantauan harga yang dilakukan Kepala Kanwil I KPPU melalui situs simpang.pemkomedan.go.id, harga jagung di Kota Medan pada 2 Februari 2024 adalah Rp6.119 per kilogram.

Harga ini jauh masih lebih tinggi dari Harga Acuan Penjualan (HAP) jagung di konsumen yang diatur pemerintah, yaitu Rp5.000 per kilogram.

Baca juga : Harga Jagung Naik, Petani Raup Untung Besar

Kepala Kanwil I KPPU, Ridho Pamungkas mengatakan saat ini harga jagung masih bergerak fluktuatif, sempat mencapai puncaknya pada tanggal 23 Januari 2024 di harga Rp6.500 per kilogram, dan sempat mengalami penurunan hingga Rp5.381 di tanggal 1 Januari 2024.

“Pada satu bulan terkahir ini, harga jagung masih selalu di atas HAP. Hal ini terkait dengan gangguan ketersediaan stok di sentra produksi baik di Jawa, Nusa Tengga Barat, maupun Sulawesi, yang mengalami kekeringan,” ujarnya.

Yang menarik, kata Ridho, fluktuasi harga jagung ternyata tidak selalu berkorelasi positif dengan fluktuasi harga daging ayam ras, berdasarkan pantauan harga dari panel simpang.pemkomedan.go.id. Kenaikan harga jagung tidak selalu dibarengi dengan kenaikan harga daging ayam.

Related Articles

Latest Articles