5.8 C
New York
Friday, April 26, 2024

Amerika Serikat Jadikan Sektor Olahraga Mesin Bisnis yang Menguntungkan, Indonesia juga Bisa

Medan, MISTAR.ID

Mardi Panjaitan, seorang guru olahraga dari Kota Medan yang baru pulang dari Amerika Serikat menceritakan bagaimana pengalamannya belajar dari negara adidaya itu yang telah berhasil menjadikan sektor olahraga sebagai mesin bisnis yang menghasilkan pendapatan besar.

Dalam kunjungannya selama dua minggu ke Amerika Serikat, Mardi Panjaitan dibawa menyusuri keberhasilan negeri Paman Sam dalam mengelola dan memonetisasi dunia olahraga.

Berbagai pengalaman menarik pun diungkapkan oleh Mardi. Ia menilai langkah-langkah inovatif yang telah diambil oleh Amerika Serikat sukses menjadi olahraga sebagai sebuah bisnis yang menggiurkan.

Baca juga : Robot Anjing Xiaomi Ini Bisa Menari Balet dan Aksi Berjalan Moonwalk

Salah satu poin penting yang ditekankan adalah bagaimana kampus-kampus ternama seperti University of California, Los Angeles (UCLA) telah mengubah pandangan olahraga menjadi bisnis yang menguntungkan.

Meskipun UCLA tidak memiliki jurusan khusus olahraga, fasilitas olahraga yang memukau dan keberadaan pusat perbelanjaan olahraga premium menciptakan atmosfer yang mendukung fanatisme olahraga dan pengelolaan bisnis yang efektif.

“Di UCLA, saya belajar dari Profesor mereka tentang bisnis olahraga, entrepreneur olahraga dan pelatihan olahraga. Yang ketiga hal itu, bermuara pada satu titik, yakni bagaimana menjadikan olahraga itu sebagai sebuah bisnis yang bisa menyumbang sektor perekonomian negara,” ujarnya di Medan, Selasa (12/3/24).

Related Articles

Latest Articles