16 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Aceh Tengah, Aceh Selatan dan Gayolues Dilanda Gempa Magnitudo 4,8

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan melaporkam terjadi gempa bumi dengan berkekuatan magnitudo (M) 4,8 pada Sabtu (21/1/2023).

“Hasil update analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M 4,8. Episenter terletak pada koordinat 3,32 LU dan 96.28 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km Tenggara Meulaboh, Aceh Barat pada kedalaman 10 Km,” terang Kepala BMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho kepada wartawan.

Hendro sebut, jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas subduksi yang berada di Bagian Barat Pulau Sumatera.

Baca Juga: Gorontalo Diguncang Gempa, Sejumlah Warga Panik dan Alami Pusing

“Guncangan gempa ini dirasakan di Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan, Kecamatan Bebesan, Kabupaten Takengon dan Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat germpabumi tersebut,”ungkapnya.

Dikatakan Hendro, gempa bumi susulan dalam hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas susulan.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,”pungkasnya.(bany/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles