10.7 C
New York
Friday, May 10, 2024

11 Puskesmas di Medan Sudah Raih Akreditasi Paripurna

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 11 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kota Medan saat ini telah meraih akreditasi paripurna.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Taufik Ririansyah MKM mengatakan, dari 41 Puskesmas lainnya yang ada di Kota Medan, tentunya akan mengejar akreditasi tertinggi ini.

Akreditasi paripurna merupakan pengakuan tertinggi yang diberikan lembaga independen penyelenggara akreditasi kepada Puskesmas.

“Ini merupakan janji kinerja kita pada Pak Wali Kota untuk meningkatkan kualitas Puskesmas. Nah, selebihnya ada yang telah naik akreditasi mejadi utama lalu ada juga yang menunggu hasil akreditasi,” kata Taufik, Jumat (24/11/23).

Baca Juga: Dinkes Medan Imbau Warga Waspada DBD dan Diare di Musim Hujan

Untuk pencapaian ini, menurut Taufik, dibutuhkan kerja keras dan dedikasi yang luar biasa dari tim Puskesmas yang terlibat.

Puskesmas telah bekerja tanpa kenal lelah untuk memastikan bahwa setiap pasien mendapatkan layanan kesehatan terbaik dan sesuai dengan standar pelayanan.

Setiap Puskesmas yang meraih akreditasi paripurna tersebut memiliki inovasi dan keunggulan masing-masing.

“Seperti di Puskesmas Medan Helvetia yang telah terakreditasi paripurna memiliki keunggulan memiliki pelayanan HIV/AIDS, skrining TBC dan juga pemeriksaan kesehatan jiwa. Di sini melayani pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) paling baik yang bekerjasama dengan beberapa stakeholder seperti, lapas 1 laki-laki, lapas 1 perempuan, rutan kelas 1 dan tanjung gusta,” jelas Taufik.

Baca Juga: Bangkitkan Gairah Perfilman Lokal, Dinas Pariwisata Medan Bersama Kemendikbud dan BPI Gelar MFF 2023

Setelah mendapat akreditasi paripurna, diharapkan pula pelayanan di Puskesmas bisa mengikuti 6 pilar transformasi kesehatan Indonesia yakni Transformasi Layanan Primer, Layanan Rujukan, Sistem Ketahanan Kesehatan, Sistem Pembiayaan Kesehatan, SDM Kesehatan, dan Teknologi Kesehatan.

“Kami harapkan Puskesmas ini mampulah untuk bertransformasi,” pungkasnya.

Adapun penilaian untuk memperoleh akreditasi paripurna ini akan berlangsung hingga akhir Desember 2023. Taufik berharap, jumlah Puskesmas di Kota Medan yang mendapat akreditasi serupa akan bertambah. (Anita/hm22)

Related Articles

Latest Articles