18.9 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Dinkes Medan Ingin Wujudkan Masyarakat yang Lebih Sehat dan Kuat

Medan, MISTAR.ID

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Taufik Ririansyah MKM mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam penguatan sistem kesehatan di berbagai sektor untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Hal itu disampaikan Taufik pada puncak perayaan HKN ke-59 yang digelar di halaman Kantor Dinas Kesehatan Medan, Jalan Rotan, Medan Petisah, Kamis (23/11/23).

“Semoga di HKN ini juga bisa memudahkan kita dalam mewujudkan masyarakat Medan yang lebih sehat dan kuat,” katanya.

Ia juga mengapresiasi seluruh panitia HKN ke-59 yang telah menyelenggarakan rangkaian kegiatan peringatan dengan baik dan lancar.

Taufik menjelaskan, sebelum acara puncak HKN ke-59 telah dilaksanakan seminar di 8 rumah sakit, pemberian penghargaan kepada tenaga kesehatan, penyerahan sertifikat akreditasi pada sejumlah puskesmas yang ada di Kota Medan.

Baca Juga: Proyek Pemko Medan Kerap jadi Buah Bibir, Pengamat Bingung dengan Kinerja DPRD

Selain itu, juga telah dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada ratusan ASN Pemko di halaman Kantor Wali Kota Medan mulai dari skrining TB, penyakit tidak menular, dan kesehatan jiwa, pemeriksaan mata serta pembagian kacamata gratis.

Pemeriksaan kesehatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian akan kesehatan pada ASN sendiri. “Dan, hari ini puncaknya dengan menggelar bazar serta sejumlah perlombaan,” jelasnya pada wartawan.

Lebih lanjut dijelaskan Taufik, sesuai tema HKN ke-59 yakni, ‘Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju’, ada 6 pilar yang harus dijalankan.

Ia berharap semua bisa mengikuti perubahan terhadap 6 pilar tersebut yang telah dirumuskan secara mendasar untuk pelayanan kesehatan.

“Maka, saat ini kita tengah menggalang kekuatan kita dan seluruh kemampuan kita untuk melatih dan mencoba berintegrasi dengan dunia digital satu sehat. Supaya kita lebih mapan dalam melayani kesehatan di masyarakat,” terangnya.

Dengan seluruh kegiatan ini, Taufik berharap, apa yang selama ini tujuan dan masih terhambat dapat dicapai. Salah satunya, adalah informasi target kinerja untuk akredistasi seluruh puskesmas.

Baca Juga: Nyamuk Wolbachia Diklaim Efektif Turunkan Penyebaran DBD

“Semoga hingga akhir tahun ini semua berjalan lancar dan baik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-59, Dinas Kesehatan Kota Medan menghadirkan serangkaian kegiatan yang dimulai pada Senin tanggal 13-23 November.

Ketua Panitia HKN ke-59 Kota Medan, dr Heva Julietta Sinaga mengatakan, pada acara puncak ini dilaksanakan berbagai kegiatan, seperti stand, bazar, perlombaan nyanyi solo, perlombaan senam cuci tangan pakai sabun serta fashion show dengan pakaian rapi.

“Harapan kita dengan HKN ini adalah untuk memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat, meningkatkan pelayanan kesehatan, dan akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Heva Sinaga. (Anita/hm22)

Related Articles

Latest Articles