27.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

1.577 Mahasiswa USU Ikuti Gerakan Indonesia Bersih

Medan, MISTAR.ID

Universitas Sumatera Utara (USU) bersama masyarakat dalam Gerakan Indonesia Bersih melaksanakan Program Gerakan Nasional Revolusi Mental. Sasarannya, dengan memberdayakan mahasiswa sebagai agen perubahan pengelolaan sampah. Kegiatan ini telah selesai dilaksanakan melalui virtual sebanyak dua kali pertemuan.

Ketua Pelaksana Ikhsan Siregar mengatakan, program tersebut bertujuan untuk menumbuh kembangkan pengetahuan dan kesadaran mahasiswa terhadap kelestarian lingkungan dan pengelolaan sampah yang baik dengan manajemen Bank Sampah.

“Gerakan Nasional Revolusi Mental di USU untuk kegiatan pelatihan dan seminar telah selesai dilaksanakan dan diikuti oleh 15 fakultas,” ujarnya, Minggu (26/9/21).

Baca Juga: Rektor USU Ajak Mahasiswa Tangkal Radikalisme

Ikhsan mengatakan, peserta yang semula ditargetkan 750 mahasiswa pada kegiatan ini ternyata mendapat sambutan yang antusias, dimana peserta untuk tahap pertama dan kedua diikuti oleh 1.577 mahasiswa.

Ikhsan menuturkan, pada kegiatan ini disampaikan mengenai apa itu gerakan nasional revolusi mental dan pentingnya pengelolaan sampah. Tema Gerakan Nasional Revolusi Mental di USU adalah Indonesia Bersih. Tema ini diangkat dikarenakan saat ini pengelolaan sampah di Indonesia sangat menghatirkan.

Ikhsan menambahkan, kegiatan tersebut menyertakan tes dimana dilakukan dua kali yaitu sebelum dan sesudah pelatihan. Hal ini untuk mengukur tingkat pemahaman sebelum dan sesudah materi yang disampaikan terkait gerakan revolusi mental dan pengelolaan sampah.

Baca Juga: Rektor USU Ajak Dosen Gabungkan Antara Teori dan Praktik

“Melalui gerakan ini diharapkan mahasiswa USU menjadi agen perubahan yang dapat memberikan perubahan dan perbaikan di lingkungan masyarakat. Mahasiswa diharapkan menjadi agen perubahan yang menyampaikan pentingnya pengelolaan sampah minimal dilingkungan kediaman dan keluarga,” terangnya.

Ikhsan menjelaskan, Gerakan Nasional Revolusi Mental merupakan kegiatan yang digagas oleh Kemenko PMK bersama universitas di Indonesia. Dimana, USU berhasil mendapatkan kepercayaan dari kementrian untuk menjalankan program ini.

“Program Gerakan Nasional Revolusi Mental di USU dilaksanakan 2 tahap kegiatan pelatihan dan webinar yang sudah selesai pada Sabtu tanggal 25 September 2021,” pungkasnya.(ial/hm02)

 

 

Related Articles

Latest Articles