11.1 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Zelensky Tiba di Inggris untuk Pertemuan Mendadak Dengan Sunak

Inggris, MISTAR.ID

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunjungi Inggris untuk bertemu dengan Perdana Menteri Rishi Sunak.

Dalam sebuah tweet, dia mengatakan akan bertemu dengan “temannya” Sunak membahas “negosiasi substantif”.

Sebelum pertemuan mendadak ini, tepatnya Kamis, Inggris mengumumkan niat untuk memasok rudal jarak jauh Ukraina. Pengiriman akan dilakukan sesuai permintaan Ukraina untuk menambah kekuatan melawan invasi Rusia.

Zelensky telah bertemu dengan para pemimpin Barat dalam beberapa hari terakhir berusaha untuk meningkatkan dukungan untuk Ukraina.

“Inggris adalah pemimpin dalam memperluas kemampuan kami di darat dan udara. Kerja sama ini akan berlanjut hari ini,” katanya di Twitter.

No 10 (Kantor dinas PM) mengatakan Sunak akan menegaskan kembali pentingnya memberikan paket dukungan penuh ke Ukraina selama pembicaraan di Chequers, kediaman resmi perdana menteri negara.

“Kita tidak boleh mengecewakan mereka [Ukraina],” kata perdana menteri, menambahkan itu adalah “momen penting” dalam upaya perang Ukraina.

“Garis depan perang agresi Putin mungkin ada di Ukraina tetapi garis patahan membentang di seluruh dunia. Itu adalah kepentingan kita semua untuk memastikan Ukraina berhasil dan barbarisme Putin tidak dihargai.”

Mereka yang berada di pemerintahan menganggap kunjungan itu sebagai kunjungan penghormatan dan pertemuan informal, daripada negosiasi, kata BBC, meskipun satu sumber menambahkan “selalu ada urusan yang harus diselesaikan”.

Downing Street mengatakan Inggris akan mengkonfirmasi “ratusan” rudal pertahanan udara dan drone untuk membantu pertahanan Ukraina saat ini.

Pertemuan antara kedua pemimpin diperkirakan tidak akan berlangsung lebih dari beberapa jam.

Perjalanan Zelensky ke Inggris akan menjadi perhentian keempat dalam tur Eropa yang mencakup pertemuan di Paris, Berlin dan Roma.

Ukraina mendapatkan paket bantuan pertahanan baru senilai €2,7 miliar (£2,4 miliar) dari Jerman setelah pembicaraan di Berlin dengan Kanselir Olaf Scholz pada Minggu(14/5/23).

Zelensky menggambarkan tahapan baru tank Leopard Jerman dan sistem anti-pesawat sebagai “yang terbesar sejak awal agresi skala penuh” oleh Rusia pada Februari 2022.

Belakangan, Prancis menjanjikan puluhan tank ringan dan kendaraan lapis baja lagi setelah Presiden Emmanuel Macron bertemu dengan mitranya dari Ukraina di Paris.

Pada bulan Februari, Zelensky mengunjungi London untuk pertama kalinya sejak dimulainya perang, di mana dia menghadiri audiensi dengan Raja dan berpidato di depan Parlemen.

Kunjungannya ke Inggris dilakukan menjelang pertemuan G7 di Hiroshima, Jepang, akhir pekan ini yang juga akan dihadiri oleh Sunak. (bbc/hm17).

Related Articles

Latest Articles