27.4 C
New York
Friday, May 3, 2024

Yakin Menang Pilpres Rusia, Vladimir Putin Pilih Maju Tanpa Partai

Moskow, MISTAR.ID

Vladimir Putin kembali mencalonkan diri sebagai presiden Rusia tanpa menggunakan partai politik. Rencana Putin untuk maju di Pilpres Maret 2024, lewat jalur independen telah diumumkannya.

Pernyataan Putin ini dibenarkan Pejabat senior Partai Rusia Bersatu (UR), Andrei Turchak. Ia menyebut Putin tidak akan mencalonkan diri sebagai kandidat presiden dari UR, walau mendapat dukungan penuh dari partai.

Senada diutarakan politisi senior dari Partai Just Russia Sergei Mironov. Bagi Putin, pemilu hanya formalitas.

Berlandaskan dukungan negara, media pemerintah, dan hampir tidak adanya perbedaan pendapat masyarakat arus utama, maka Putin dipastikan kembali menang Pilpres Rusia.

Baca juga: Putin Umumkan Maju Pilpres Rusia Tanpa Dukungan Parpol

Masyarakat Rusia disebut menilai Putin sangat sukses memulihkan ketertiban, kebanggaan nasional dan sebagian pengaruh yang hilang dari Rusia, akibat runtuhnya Uni Soviet dan selama agresi di Ukraina.

Putin dinilai “aman” tanpa oposisi, lantaran tindakan keras bertahun-tahun terhadap penentang dan pengkritik pemerintahan, dengan adanya penerapan undang-undang baru tentang “berita palsu”.

Para pengkritik dan penentang pemerintahan telah dijatuhi hukuman penjara dalam waktu lama, bahkan tidak sedikit melarikan diri ke luar negeri, karena ruang untuk memberikan pendapat di Negara Beruang Merah yang semakin terbatas. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles