14.7 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Xi Jinping di Saudi, Sebut Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Jakarta, MISTAR.ID
Presiden China Xi Jinping mendesak agar Palestina bisa menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) saat berpidato di pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi negara Teluk Arab dan China di Riyadh, Arab Saudi, Jumat (9/12/22).

Xi juga menekankan dukungan China terhadap Palestina dan menyerukan agar ketidakadilan yang diderita rakyat Palestina selama ini segera dihentikan.

“China menekankan perlunya memberikan Palestina keanggotaan penuh di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)” ucap Xi di depan Raja Salman, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MbS), hingga Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Baca juga:PBB Sepakat Peringati Hari Nakba Palestina, Israel Geram

“Tidak mungkin melanjutkan ketidakadilan historis yang diderita oleh rakyat Palestina,” katanya menambahkan.

Xi juga menegaskan China mendukung penuh solusi dua negara. Solusi dua negara merupakan resolusi konflik Israel-Palestina yang selama ini disepakati komunitas internasional.

Solusi dua negara berarti Palestina dan Israel masing-masing menjadi negara yang berdaulat yang hidup beriringan.

Dikutip kantor berita Anadolu, Xi juga menegaskan China mendukung pembentukan negara Palestina “sesuai dengan kesepakatan perbatasan pada 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.”

Sebelum menghadiri KTT China-negara Arab, Xi juga telah bertemu empat mata dengan Presiden Abbas.

Dalam pertemuan itu, Xi menegaskan bahwa China selalu mendukung Palestina “bagaimanapun situasi internasional” yang terjadi dan kerap berubah.

Xi menuturkan selama lima dekade terakhir, China dan Palestina selalu saling percaya dan mendukung satu sama lain.

Baca juga:Aktivitas China di Luar Angkasa Bikin Amerika Serikat Kebat-kebit

“Tidak peduli bagaimana situasi internasional dan regional berubah, China selalu dengan tegas mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk memulihkan hak dan kepentingan sah bangsa mereka, dan selalu berdiri bersama rakyat Palestina,” kata Xi dalam pernyataan pemerintah China melalui kantor berita Xinhua.

Sementara itu, Abbas menganggap China sebagai kawan Palestina yang tulus dan dapat dipercaya.

“China adalah teman Palestina yang tulus dan bisa dipercaya, dan selalu dengan tegas mendukung perjuangan rakyat Palestina,” ujar Abbas.

Selain menghadiri KTT China-Negara Arab, selama di Saudi Xi Jinping telah lebih dulu bertemu dengan Raja Salman dan MbS secara bilateral. Dalam kunjungan tiga harinya itu, Xi berhasil menyepakati sejumlah kerja sama dengan Saudi. (cnn/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles