15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Waspada! Virus Baru Mematikan Ditemukan di Jepang

Tokyo, MISTAR.ID
Seorang wanita berusia 70-an tahun yang meninggal tahun lalu ternyata disebabkan oleh virus Oz, sebuah virus baru yang mematikan di Jepang dan pertama di dunia. Hal tersebut disampaikan oleh Kementerian Kesehatan Jepang.

Kutu keras diyakini sebagai pembawa virus. Dilansir NHK Japan, Kementerian mengatakan pada hari Jumat bahwa seorang wanita meninggal karena miokarditis, atau radang otot jantung, di Prefektur Ibaraki, utara Tokyo.

Awalnya, Ia mengunjungi rumah sakit dengan keluhan mengalami demam dan kelelahan. Saat itu, seekor kutu ditemukan menggigit paha atasnya. Hasil otopsi menyimpulkan dia telah terinfeksi virus Oz.

Baca juga:Virus ASF, Harga Daging Babi Turun dan Peternak Lokal di Siantar Menjerit

Kementerian mengatakan hal ini adalah kasus infeksi virus Oz yang pertama kali dilaporkan, baik yang fatal atau tidak.

Hingga saat ini masih belum diketahui persis bagaimana orang mendapatkan virus, tetapi digigit kutu keras pembawa virus adalah kemungkinan penyebabnya.

Kementerian Kesehatan mendesak masyarakat untuk mengenakan atasan lengan panjang dan celana panjang saat mereka pergi ke daerah berumput di mana kutu dapat ditemukan.

Baca juga:Babi Asal Riau Positif Mengidap Virus Flu Babi Afrika

Virus ini untuk pertama kali terdeteksi di Jepang pada tahun 2018 dari jenis kutu keras tertentu. Kutu keras ditemukan di wilayah Kanto yang meliputi Tokyo, Jepang tengah dan barat.

Sejauh ini belum ada pengobatan yang efektif untuk penyakit ini. Pasien hanya dapat diobati untuk meringankan gejalanya saja. (cnbc/hm06)

Related Articles

Latest Articles