15.3 C
New York
Saturday, May 18, 2024

Wabah Tikus Melanda Australia, Ratusan Napi Dievakuasi dan Pasien RS Dilaporkan Tergigit

Sydney, MISTAR.ID

Wabah tikus yang melanda lahan pertanian Australia, membuat ratusan narapidana harus dievakuasi dari penjara pedesaan pada Selasa (22/6/2021).

Tikus-tikus tersebut masuk ke permukiman penduduk dan menggerogoti infrastruktur penting. Salah satunya menggerogoti panel langit-langit dan kabel di penjara New South Wales, yang membuatnya harus diperbaiki.

“Kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan staf serta narapidana adalah prioritas nomor satu kami, jadi penting bagi kami untuk bertindak sekarang melakukan pekerjaan remediasi yang vital,” kata Peter Severin dari Corrective Services NSW, dikutip via AFP. Sekitar 420 narapidana dan 200 staf dari Pusat Pemasyarakatan Wellington akan dipindahkan ke fasilitas lain pada akhir bulan. “Kami ingin melakukan perombakan ini sekali, dan kami ingin itu dilakukan dengan benar, yang berarti kami akan mencari cara untuk mengurangi dampak wabah serupa di masa depan,” kata Asisten Komisaris Lembaga Pemasyarakatan Kevin Corcoran.

Baca Juga: Siklon Tropis Seroja Hantam Australia, Ratusan Rumah Rusak

Tikus-tikus dalam wabah ini merusak hasil panen petani dan mengganggu penduduk setempat di Australia timur selama berbulan-bulan. Wabah ini adalah yang terbaru dalam serangkaian bencana menyerang petani.

Sebelumnya petani Australia menderita kekeringan selama bertahun-tahun, diikuti oleh kebakaran hutan selama berbulan-bulan pada akhir 2019 hingga awal 2020, lalu hujan berujung banjir di beberapa daerah.

Pasien Rumah Sakit Dilaporkan Tergigit

Rekaman mengerikan menunjukkan ratusan hewan pengerat berlari bebas, diperparah dengan laporan pasien rumah sakit yang digigit. Orang-orang yang tinggal di New South Wales, Australia, mengatakan mereka mengalami wabah tikus yang terparah “dalam beberapa dekade”.

Baca Juga: Wah! Ternyata Ikan Mas Dianggap Hama di Australia, Sulawesi dan Papua

Bencana ini muncul sejak panen biji-bijian di wilayah itu. Jumlah hewan-hewan kecil ini kemudian dilaporkan terus membengkak.

Rekaman menunjukkan ratusan hewan pengerat kecil berkerumun di sekitar pertanian di kota Gilgandra.

“Pada malam hari … tanah dipenuhi ribuan tikus berlarian,” kata petani Ron Mckay kepada Australian Broadcasting Corporation.

Supermarket menyajikan makanan dalam wadah tertutup. Setidaknya tiga pasien di rumah sakit setempat juga dilaporkan telah digigit tikus.

Daftarkan email “Bisa dibayangkan bahwa setiap kali Anda membuka lemari, setiap kali Anda pergi ke dapur, selalu ada tikus,” kata Steve Henry, seorang ahli hewan pengerat melansir Miror pada Jumat (19/3/21).

Para petani yang membuat bal jerami untuk musim dingin memprediksi akan banyak mengalami kerugian akibat hewan pengerat yang bereproduksi cepat. Media lokal melaporkan dengan hanya sepasang tikus, dapat menghasilkan rata-rata hingga 500 keturunan dalam satu musim.

Program perangkap yang intensif digelar sejauh ini hanya sedikit berhasil melawan serangan hama. Penduduk setempat berharap hujan lebat akan menenggelamkan tikus di liang mereka.(Kompas/hm13)

 

 

 

 

Related Articles

Latest Articles