9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Vietnam Rekor Suhu Panas Tertinggi 44,1 Derajat Celsius

Hanoi, MISTAR.ID

Hingga Sabtu (6/5/23) waktu setempat, Vietnam memecahkan rekor suhu tertinggi hingga mencapai 44,1 derajat Celcius. Suhu tersebut mematahkan rekor suhu udara di 2019 yang mencapai 43,4 derajat Celsius.

Pusat Peramalan Meteorologi Hidro Nasional mencatat rekor suhu 44,1 derajat Celcius lewat pengukuran di stasiun dalam ruangan Hoi Xuan, provinsi Thanh Hoa tengah-utara.

Angka tersebut mematahkan rekor suhu sebelumnya yakni 43,4 derajat Celsius yang tercatat pada 20 April 2019 di Distrik Huong Khe, provinsi Ha Tinh tengah.

Baca Juga:Pasca Longgarkan Lockdown, Penonton Di Vietnam Penuhi Stadion Saat Liga

“Ini adalah catatan yang mengkhawatirkan dalam konteks perubahan iklim dan pemanasan global,” kata ahli perubahan iklim Nguyen Ngoc Huy.

Dia meyakini rekor suhu akan terulang berkali-kali. “Ini menegaskan bahwa model iklim ekstrem terbukti benar,” imbuhnya.

Vietnam melaporkan suhu udara cukup bervariasi. Namun suhu semakin tinggi terlebih memasuki bulan-bulan musim panas.

Catatan rekor baru suhu tertinggi di Vietnam itu terjadi seiring dengan gelombang panas yang menerpa Asia selama April 2023. Sejumlah negara tetangga pun melaporkan suhu tertingginya.

Sejarawan cuaca Maximiliano Herrera menyebut Laos mencetak rekor dari Luang Prabang dengan suhu 42,7 derajat Celsius di pertengahan April 2023.

Masih di bulan yang sama, Thailand sempat mencapai angka suhu 45 derajat Celcius. Dilaporkan CNN, Myanmar, khususnya kawasan Kalewa, tercatat mencapai suhu 44 derajat Celsius.

Di Odisha, India, suhu udara antara 42-44,2 derajat Celcius. Di kawasan Maharashtra barat, setidaknya 13 orang meninggal akibat heatstroke setelah menghadiri acara penghargaan wilayah.

Kemudian dari sebanyak 1 juta orang yang hadir di acara di Navi Mumbai, sekitar 50-60 orang dilarikan ke rumah sakit karena suhu panas.(cnn/hm12)

Related Articles

Latest Articles