9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Update Kasus Positif Covid-19 India Hari Ini, Capai 508.953 dan Meninggal 15.685 Orang

New Delhi, MISTAR.ID

Kasus positif virus corona (Covid-19) di India hingga hari ini, tercatat sudah mencapai 508.953 orang, Sabtu (27/6/20). India kini berada di posisi keempat kasus corona tertinggi di dunia, di bawah Amerika Serikat, Brasil dan Rusia.

Mengutip AFP, terdapat 18.500 kasus baru yang tercatat sampai hari ini. Dari angka tersebut, 385 kasus meninggal tercatat dalam 24 jam ke belakang. Hal itu menambah jumlah kasus pasien meninggal menjadi 15.685 orang.

Pandemi di India sendiri diperkirakan tak akan mencapai puncaknya hingga beberapa pekan ke depan. Sejumlah ahli menduga kasus di sana bisa mencapai satu juta pada akhir Juli.

“Tidak seperti di China, dimana pandemi ini relatif lebih terkonsentrasi di sekitar Wuhan dan beberapa kota lain. India memiliki penyebaran yang lebih menyebar, yang membuat sedikit lebih menantang untuk sistem perawatan kesehatan,” ujar ahli kesehatan Anant Bhan.

Baca juga: India Mencatat 2.000 Orang Tewas Disambar Petir Tiap Tahun

Beberapa pemerintah negara bagian di India pun mulai mempertimbangkan kembali menerapkan penguncian wilayah (lockdown). Sebelumnya lockdown nasional diterapkan sejak 25 Maret. Namun, perlahan dilonggarkan karena dampak ekonomi.

Sebanyak 33 ribu petugas kesehatan kini dikerahkan untuk melakukan penelusuran kasus terhadap 20 juta penduduk di India.

Wabah corona paling banyak menumpuk di kota-kota padat penduduk, seperti New Delhi dan Mumbai. Terdapat sekitar 75 ribu kasus di New Delhi dan lebih dari 70 ribu kasus di Mumbai.

Baca juga: Tagar Modi Menyerah ke China Jadi Viral di India

Pemerintah India sempat menuai kritik karena dinilai tidak melakukan pemeriksaan corona semaksimal mungkin terhadap warganya. Mereka juga diduga menyembunyikan jumlah kasus sebenarnya.(cnn/hm07)

Related Articles

Latest Articles