13.6 C
New York
Friday, April 26, 2024

Truong My Lan, Crazy Rich Vietnam Divonis Mati Kasus Penipuan Rp200 T

Vietnam, MISTAR.ID

Taipan asal Vietnam Truong My Lan dijatuhi hukuman mati karena terlibat kasus penipuan senilai US$12,5 miliar atau Rp200,06 triliun (kurs dolar Rp16.005 per dolar AS).

Kasus penipuan ini merupakan kasus terbesar sepanjang sejarah itu, Lan dinyatakan bersalah atas penggelapan, penyuapan, dan pelanggaran peraturan perbankan.

Perempuan 67 tahun itu secara ilegal mengendalikan Bank Komersial Saham Gabungan Saigon pada 2012 hingga 2022 untuk menyedot dana melalui ribuan perusahaan hantu dan menyuap pejabat pemerintah.

Dilansir dari South China Morning Post, Truong My Lan terlahir dari keluarga sederhana pada 1956 . Ia pun hanya menyelesaikan pendidikannya di tingkat sekolah menengah atas.

Baca juga:Modus Penipuan Lewat WhatsApp Jelang Idul Fitri

Lan kemudian berjualan kosmetik bersama ibunya di Pasar Ben Thanh, Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Ibunya terus mengumpulkan aset demi mendukung Lan secara finansial.

Lan lantas bertemu suaminya, Eric Chu Nap-kee pada 1992. Eric merupakan investor asal Hong Kong yang datang ke Vietnam ketika pemerintah komunis membuka perekonomiannya terhadap investasi luar.

Pada tahun yang sama, Lan mendirikan perusahaan Van Thinh Phat (VTP). Selama bertahun-tahun, VTP tumbuh menjadi salah satu perusahaan real estat terkaya di Vietnam.

Dilansir dari AP, VTP terhubung dengan beberapa properti paling berharga di pusat Kota Ho Chi Minh, termasuk Times Square Saigon 39, Windsor Plaza HoteL, Capital Place 37 lantai, dan hotel bintang lima Sherwood Residence di mana Lan tinggal sampai penangkapannya. (mrt/hm06)

Related Articles

Latest Articles