26.6 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Topan Saola ‘Menyapu’ Kota-Kota Besar di Tiongkok Selatan

Para peselancar memanfaatkan angin kencang yang diperkirakan mencapai kecepatan 63 km/jam. Dan mengatasi gelombang besar ditimbulkan oleh topan yang akan datang di pantai Hongkong.

Penerbangan Sebagian Besar Normal

Serangan langsung ke Hongkong jarang terjadi, namun badan pengawas mengatakan, perlunya mengeluarkan sinyal peringatan topan tropis yang lebih tinggi di malam hari’ Dengan kemungkinan meningkatkan tingkat ancaman ke level tertinggi T10.

Otoritas bandara mengatakan, penerbangan yang berangkat pada pagi hari sebagian besar normal. Namun mulai pukul 14.00 waktu setempat, penerbangan yang tiba dan berangkat telah dibatalkan.

“Sampai saat ini, kami telah mempunyai 366 penerbangan yang dibatalkan dan 40 penerbangan ditunda. Berkat dukungan maskapai penerbangan dan berbagai penyedia layanan, kami dapat memastikan 600 penerbangan hari ini beroperasi secara normal,” jelas Wing Yeung, selaku Manajer Umum Operasi Terminal Otoritas Bandara.

Baca juga: Dikritik Anggota Parlemen, Menlu Inggris Memulai Pembicaraan dengan Tiongkok

Maskapai penerbangan andalan Hongkong, Cathay Pacific sudah membatalkan semua penerbangan masuk dan keluar antara pukul 06.00 GMT pada Jumat (1/9/23) dan pukul 02.00 GMT pada Sabtu (2/9/23).

Anak perusahaannya, maskapai penerbangan HK Express, mengumumkan pembatalan 70 penerbangan yang masuk dan keluar pada Jumat (1/9/23) dan Sabtu (2/9/23).

Saola menyebabkan ribuan orang mengungsi pada awal minggu ini ketika topan itu melewati wilayah utara Filipina. Namun sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa langsung terjadi.

Baca juga: 88 Warga Tiongkok Ditangkap, Modus Penipuan Cinta Berbasis Online

Tiongkok Selatan sering dilanda topan pada musim panas dan musim gugur yang terbentuk di lautan hangat di sebelah timur Filipina, serta kemudian bergerak ke barat.

Meskipun bencana ini dapat menyebabkan gangguan, sementara di kota-kota seperti Hongkong dan Macau, jumlah korban jiwa kini jauh lebih kecil. Ini berkat kode standar bangunan lebih ketat dan sistem pengelolaan banjir yang lebih baik. (chlnws/hm16)

Related Articles

Latest Articles