18.8 C
New York
Sunday, May 19, 2024

Tim Penyelamat 4 Anak dari Hutan Amazon Diganjar Medali

Bogota, MISTAR.ID

Tim Misi Operation Hope atau Operasi Harapan yang berhasil menyelamatkan 4 orang anak dari hutan Amazon, setelah hilang 40 hari akibat kecelakaan pesawat menerima medali Ordo Boyaca dari Pemerintah Kolombia, pada Senin (26/6/23).

Salah satu penghargaan tertinggi itu diberikan pada tentara, penyelamat lokal dan Pegawai Negeri Sipil saat memimpin operasi menemukan keempat bocah yang hilang berminggu-minggu.

Presiden, Gustavo Petro menyanjung kerja sama antara tim misi penyelamatan. “Medali ini adalah penghargaan tertinggi kedua dalam angkatan bersenjata dan bagi warga sipil di Kolombia,” sebutnya.

Baca juga: 40 Hari di Hutan Amazon, Empat Anak Ini Makan Farina

Petro menyampaikan, medali yang diberikan bersifat simbolis dan merupakan hadiah besar yang disebut nyawa.

Sebelumnya pesawat yang ditumpangi para bocah itu alami kecelakaan di Hutan Amazon pada 1 Mei 2023 lalu. Mereka adalah Lesly (13), Soleiny (9), Tien Norie (5) dan Cristin (1). Sementara ibu mereka dan 2 orang dewasa lain meninggal pada kecelakaan di hutan yang masuk Provinsi Caqueta itu.

Keempatnya mengkonsumsi biji-bijian, buah-buahan, akar-akaran dan tanaman bisa dimakan dari masa kecil mereka di wilayah Amazon.

Baca juga: Ancaman Pandemi dari Hutan Amazon

Menurut Organisasi Nasional Masyarakat Adat Kolombia (OPIAC), pengetahuan mengenai makanan itu karena pengetahuan pribumi yang diajarkan pada mereka selama ini. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles