17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Tiga Pilot Ukraina Gugur Dalam Insiden Tabrakan 2 Pesawat Tempur

Zhytomyr, MISTAR.ID

Dua pesawat militer Ukraina yang sedang melakukan pelatihan bertabrakan di udara. Tiga pilot Angkatan Udara Ukraina, termasuk seorang pilot pesawat tempur terkenal berjuluk “Jus”, tewas dalam kecelakaan itu.

Kecelakaan itu terjadi pada Jumat (25/8/23) di wilayah Zhytomyr di Ukraina utara. Insiden ini merupakan kekecewaan besar bagi Kyiv, yang sedang mencari pesawat tempur F-16 canggih untuk memperkuat angkatan udara era Soviet dan melanjutkan serangan balasannya.

Baca juga: Kotak Hitam dan 10 Jenazah dari Pesawat Pembawa Prigozhin Ditemukan

“Kami menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban. Ini adalah kerugian yang menyakitkan dan tidak dapat diperbaiki bagi kita semua,” kata Angkatan Udara Ukraina, seraya menyebut kecelakaan itu “mengerikan”, seperti dilaporkan AFP, Minggu (27/8/23).

Kecelakaan itu melibatkan dua pesawat latih tempur L-39. Kasus ini juga sedang diselidiki.

Juru bicara Angkatan Udara Yury Ignat mengatakan salah satu pilot yang tewas adalah Andrii Pilshchykov, yang dijuluki “Jus”. Dia adalah seorang perwira muda dengan pengetahuan luas dan bakat luar biasa.

Baca juga: Prigozhin Tewas Kecelakaan Pesawat, Group Wagner Ultimatum Kremlin

“Mayor Andrii Pilshchykov mendedikasikan hidupnya yang singkat namun sangat cemerlang untuk memerangi penerbangan, dia memimpikan F-16 di Ukraina,” kata Ignat dalam berbagi penghormatan di jejaring sosial.

“Kalian lebih dari sekedar teman. Beristirahatlah dengan tenang, kalian telah melakukan banyak hal untuk kami,” imbuhnya. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles