22.5 C
New York
Monday, May 20, 2024

Thailand Cetak Rekor Kematian Harian Covid-19

Bangkok, MISTAR.ID

Thailand melaporkan rekor kematian harian tertinggi akibat virus corona pada Kamis (1/7/21) sebanyak 57 jiwa. Ini merupakan hari kedua Thailand mencatatkan rekor kematian tertinggi berturut-turut. Pada Rabu (30/6/21), negara di Asia Tenggara melaporkan 53 kematian. Kematian baru itu menjadikan jumlah total korban meninggal di Thailand menjadi 2.080 jiwa.

Seperti dikutip dari media, gugus tugas penanganan Covid-19, Thailand melaporkan 5.533 kasus baru virus corona hari ini, sehingga jumlah totalnya menjadi 264.834. Laporan itu muncul pada hari yang sama ketika Thailand mulai menghidupkan kembali pariwisata di Phuket.

Thailand membuka kembali Phuket yang memiliki kasus lebih sedikit daripada daratan setelah melakukan vaksinasi bagi populasi di pulau resor itu. Wisatawan mancanegara yang telah selesai divaksinasi diizinkan masuk Phuket, mulai Kamis ini.

Baca juga: Putri Thailand Impor Vaksin Covid-19 Setelah Publik ‘Mengamuk’

Berdasarkan rencana, turis asing yang sudah divaksinasi Covid-19 tidak perlu lagi dikarantina, dan mereka bebas bergerak di sekitar pulau. Setelah 14 hari, asalkan tidak terpapar virus corona, mereka dapat melakukan perjalanan ke tempat lain di Negara Gajah Putih ini.

Thailand kehilangan sekitar 50 miliar dolar AS dalam pendapatan pariwisata tahun lalu karena kedatangan asing turun 83 persen menjadi 6,7 juta, dari rekor 39,9 juta pada 2019. Phuket sangat terpukul oleh penutupan bisnis dan warga kehilangan pekerjaan. Pemerintah Thailand berharap pembukaan kembali wisata akan membantu menyelamatkan ekonominya yang terpukul pandemi Covid-19. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles