9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Taksi Terbang Angkut Jemaah Haji-Umrah di Arab Saudi Bakal Dioperasikan

Arab Saudi, MISTAR.ID

Arab Saudi akan mengoperasikan taksi terbang untuk mengangkut jemaah haji dan umrah dari Jeddah ke Mekkah. Saudi Arabian Airlines (Saudia) dilaporkan berencana mengangkut jemaah haji dari Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah ke hotel-hotel di Mekkah. Untuk memulai rencana ini, Saudi Arabian Airlines dilaporkan bakal membeli sekitar 100 pesawat.

Direktur komunikasi perusahaan dan juru bicara Saudia Group, Abdullah Al-Shahrani mengatakan, pihaknya saat ini sedang membuat persiapan untuk menggunakan taksi terbang sebagai moda transportasi baru selama musim haji.

Al-Shahrani mengatakan, Saudia Group sudah menyepakati kontrak pembelian 100 jet Lilium, pesawat bertenaga listrik yang lepas landas dan mendarat secara vertikal (eVTOL) buatan Jerman.

“Kendaraan itu ditujukan untuk mengantar jemput jemaah antara bandara Jeddah dan lapangan terbang di hotel-hotel Mekkah, di dekat Masjidil Haram serta tempat-tempat suci lainnya,” katanya.

Baca Juga : Arab Saudi Resmi Bergabung dengan Aliansi Dagang BRICS

Al-Shahrani menjelaskan, pesawat listrik Lilium adalah pesawat pertama yang beroperasi sepenuhnya dengan tenaga listrik. Setelah menyelesaikan pengauran yang diperlukan, pesawat-pesawat ini akan terbang bersama para tamu Allah selama musim haji dan umrah.

Al-Shahrani mengatakan, satu taxi listrik mampu membawa empat sampai enam penumpang. Taxi juga ramah lingkungan karena rendah emisi karbon. “Untuk mempertahankan perjalanan udara dan mempersingkat waktu penerbangan, karena mampu menempuh jarak maksimum 250 kilometer,” jelasnya.

Taxi terbang ini juga dilengkapi kabin unik yang menawarkan beberapa pilihan untuk pengaturan kursi. Taxi juga memiliki ruang luas sehingga bisa memenuhi kebutuhan para tamu elite yang mencari pengalaman perjalanan terbaik. (mtr/hm24)

Related Articles

Latest Articles