21.5 C
New York
Saturday, June 29, 2024

Suplai Senjata ke Taiwan, Tiongkok Beri Sanksi Perusahaan AS Lockheed Martin

Beijing, MISTAR.ID

Pemerintah Tiongkok memberikan sanksi kepada perusahaan keamanan dan kedirgantaraan asal Amerika Serikat (AS), Lockheed Martin setelah menyuplai persenjataan ke Taiwan.

“(Kami) Tiongkok mengambil tindakan balasan terhadap entitas perusahaan dan eksekutif senior yang terlibat dalam penjualan senjata ke Taiwan,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Mao Ning di Beijing, Selasa (25/6/24).

Mao Ning mengatakan penjualan senjata dari AS ke wilayah Taiwan di Tiongkok sangat melanggar prinsip ‘Satu China’ dan tiga komunike bersama Tiongkok-AS, mencampuri urusan dalam negeri sekaligus melemahkan kedaulatan dan integritas wilayah Tiongkok.

Baca juga : Menang Pilpres Taiwan, Ini Harapan Lai Ching-te

Permasalahan Taiwan, lanjut Mao Ning, yakni inti dari kepentingan inti Tiongkok dan merupakan garis merah pertama yang tidak dapat dilewati dalam hubungan Tiongkok-AS.

“Tidak ada negara, organisasi, atau individu yang boleh meremehkan tekad dan kemampuan yang kuat dari pemerintah dan rakyat Tiongkok untuk mempertahankan kedaulatan dan integritas teritorial kami, atau berada di bawah ilusi bahwa mereka dapat melangkahi atau bahkan melewati batas dalam permasalahan Taiwan tanpa konsekuensi apapun,” sebut Mao Ning.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengumumkan sejak 21 Juni 2024, pemerintah Tiongkok memberikan sanksi terhadap entitas dan manajemen senior yang ada di bawah perusahaan Lockheed Martin. Keputusan tersebut berdasarkan pasal 3, 4, 5, 6, 9, dan 15 undang-undang anti sanksi Asing Tiongkok.

Related Articles

Latest Articles