8.4 C
New York
Sunday, March 3, 2024

Serangan Israel Selama Akhir Pekan Dipicu Milisi Houthi Yaman

Gaza, MISTAR.ID

Selama akhir pekan kemarin diinformasikan terjadi kontak senjata terbuka antara kelompok Hamas dengan tentara Israel di beberapa titik di Gaza.

Milisi dari faksi Hamas, Brigade Al-Qassam diinformasikan ikut serta konfrontasi langsung dengan angkatan bersenjata Israel (Israel Defense Force/IDF) di beberapa titik di Jalur Gaza, Palestina.

Brigade Al-Qassam menyampaikan, para pejuangnya berperang sengit dari jarak nol dengan pasukan pendudukan di sebelah barat kamp Jabalia di Gaza utara, pada Sabtu (9/12/23).

Baca juga:Senat Republikan AS Tolak RUU Bantuan untuk Ukraina dan Israel

Belum lama ini, pasukan Israel juga sudah memberikan perintah melakukan pendudukan di sebagian besar daerah Khan Younis sebagai kota terbesar kedua di Jalur Gaza. Israel meminta warga mengungsi ke daerah al-Mawasi, salah satu daerah dengan minim fasilitas di dekat pantai.

Penasihat Keamanan Nasional Israel, Tzachi Hanegbi, Minggu (10/12/23) menuturkan, pihaknya siap menghadapi pemberontak di Yaman, Houthi yang mengganggu pelayaran di Laut Merah apabila kelompok internasional tak berhasil melakukannya.

Disebutkan Hanegbi, jika Perdana Menteri (PM), Benjamin Netanyahu sudah berkomunikasi dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, maupun para pemimpin Eropa terkait aksi Houthi yang menargetkan kapal dagang yang disinyalir mempunyai hubungan dengan Israel. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles