17.8 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Sepanjang Masa, Ternyata ini Bangkai Kapal Tenggelam dan Bukan Titanic

Jakarta, MISTAR.ID

Ternyata ini adalah kapal karam terdalam yang pernah ada dan bukan Titanic. Seperti diketahui, pada tahun 1912 peneliti menemukan Titanic yang tenggelam di kedalaman 12.500 kaki atau 3.810 meter di bawah permukaan laut di Atlantik Utara.

Karena kedalamannya yang ekstrim ini, banyak yang percaya bahwa bangkai kapal Titanic adalah bangkai kapal terdalam sepanjang masa.

Namun ternyata ada kapal lain yang tenggelam jauh lebih dalam dari Titanic. Ternyata itu adalah bangkai kapal terdalam dalam sejarah dan bukan Titanic seperti yang dipikirkan banyak orang.

Dikutip dari Science Alert, Selasa (11/7/23), bangkai kapal yang dimaksud adalah kapal perusak Angkatan Laut AS yang tenggelam dalam Perang Dunia II.

Baca juga : Kapal Selam Titan Meledak, OceanGate Tangguhkan Semua Operasi Ekspedisi

Kapal yang diberi nama USS Samuel B Roberts itu ditemukan di kedalaman 6.895 meter di bawah permukaan laut lepas pantai Filipina.

Dengan kata lain, USS Samuel B Roberts dua kali lebih dalam dari Titanic dan bangkai kapal terdalam yang pernah ditemukan di planet ini.

“Pada kedalaman 6.895 meter terdapat bangkai kapal terdalam yang pernah ditemukan dan dieksplorasi,” tulis pendiri Caladan Oceanic, Victor Vescovo, yang memimpin penyelaman, di akun Twitternya @VictorVescovo.

Kapal perusak itu dikatakan telah tenggelam di pulau tengah Samar pada 25 Oktober 1944, ketika pasukan Amerika membebaskan Filipina yang saat itu diduduki Jepang.

Baca juga : Bagian Puing-puing Bangkai Kapal Selam Titan yang Meledak telah Terangkat, Berikut Penampakannya

Kemudian, perusahaan teknologi bawah air yang berbasis di Texas Caladan Oceannic meluncurkan ekspedisi bawah air untuk menemukan kapal tersebut.

Kapal selam yang diawaki perusahaan itu juga berhasil memfilmkan, memotret, dan memeriksa lambung kapal USS Samuel B Roberts.

Dalam gambar yang diambil kita bisa melihat peluncur torpedo tiga tabung dan dudukan senjata kapal.

Baca juga : 5 Penumpang Kapal Selam Wisata Titanic Dipastikan Meninggal

USS Samuel B dilaporkan sebagai salah satu dari empat kapal Amerika yang tenggelam selama bagian dari Pertempuran Leyte itu.

Sebelumnya adalah kapal USS Johnston, yang berhasil diidentifikasi oleh tim Vescovo pada tahun 2021 di kedalaman 6.500 meter.

Jadi itu adalah bangkai kapal terdalam sepanjang masa dan bukan Titanic. (okz/hm18)

Related Articles

Latest Articles