24.4 C
New York
Sunday, June 30, 2024

Rusia Rebut Dua Desa di Ukraina Timur

Moskwa, MITAR.ID

Rusia mengeklaim telah merebut dua desa di Ukraina timur, Minggu (30/6/24). Hal itu lantaran pasukan Ukraina kalah jumlah serta kalah persenjataan. Karenanya, pasukan Ukraina tak bisa menahan pasukan Rusia yang berusaha menguasai medan perang di Ukraina.

Moskwa telah mengeklaim desa-desa baru di timur Ukraina secara teratur selama berminggu-minggu. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah membebaskan pemukiman Novooleksandrivka ketika tentara Rusia bergerak lebih jauh ke arah barat menuju wilayah Donetsk.

Desa yang terletak di barat laut Ocheretyne yang diduduki tersebut, kini menjadi titik paling barat di wilayah yang dikuasai Moskwa.

Baca Juga : Rusia Bebaskan 10 Warga Ukraina, Diantaranya Politisi dan Pendeta

Dikutip dari AFP, Moskwa juga mengatakan pasukannya merebut desa kecil Spirne, lebih jauh ke utara di wilayah Donetsk dekat perbatasan dengan wilayah tetangga Lugansk.

Serangan pasukan Rusia terhadap Ukraina telah berlangsung selama hampir dua setengah tahun. Rusia sedang mengerahkan pasukannya ke beberapa wilayah di Ukraina sepanjang 1.000 kilometer garis depan.

Tujuan serangan Rusia itu untuk menguras sumber daya Ukraina, serta sering kali menargetkan fasilitas energi dan infrastruktur penting lainnya. (kc/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles