10.7 C
New York
Monday, May 6, 2024

Ribuan Warga Australia Antusias Saksikan Gerhana Matahari Hibrida

Sydney, MISTAR.ID

Ribuan warga Australia berbondong-bondong datang ke kota Exmouth di Australia Barat, untuk menyaksikan langsung fenomena gerhana matahari hibrida. Gerhana matahari hibrida pada Kamis (20/4/23) akan terlihat di beberapa bagian dunia. Di antaranya Pulau Exmouth dan Barrow di Australia Barat, wilayah timur Timor Leste dan beberapa kota di Indonesia.

Sejak Rabu (19/4/23) kemarin, belasan ribu warga Australia rela melakukan perjalanan sejauh 1.200 kilometer dari Perth menuju Exmouth, demi melihat fenomena langit yang jarang terjadi ini.

Di Exmouth, warga bisa memantau gerhana matahari total, sementara wilayah lainnya di dunia mendapatkan gerhana matahari cincin. Salah satunya adalah pemburu gerhana bernama Kryss Katsiavriades, yang mengatakan bahwa gerhana matahari hibrida adalah salah satu momen paling unik yang ia alami dalam hidup.

Baca juga: BMKG Ingatkan Warga: Jangan Lihat Proses Gerhana Matahari Secara Langsung!

“Suasananya mulai terlihat seperti malam di tengah hari. Saat momennya semakin dekat, langit mulai terlihat gelap. Ini sangat menakjubkan,” kata Katsiavriades, dikutip dari media.

Hal berbeda diungkapkan pasangan Liam Dorney dan ELien Wijns, yang mengaku gerhana punya peran ‘romantis’ dalam kehidupan mereka. Sebab pasangan ini dipertemukan saat momen gerhana matahari total di Cairns, Australia, pada 20212 lalu. “Kami berdua merasa ini seperti pengalaman religius,” ungkap Dorney.

Meskipun Exmouth adalah salah satu tempat terbaik dan paling mudah diakses untuk menyaksikan gerhana di Australia, beberapa pemburu gerhana memilih melihat fenomena ini di tempat yang lebih jauh.

Pemburu gerhana Tim Todd, termasuk para ilmuwan, sengaja berlayar ke Kepulauan Lowendal dari Dampier, pada pukul 2 pagi. Mereka ingin melihat gerhana dari Pilbara di Australia Barat, karena dari sana gerhana akan terlihat dalam durasi yang lebih panjang.

Baca juga: Gerhana Matahari Warnai Ramadhan Jelang Idulfitri 2023

Menurut Menteri Pariwisata Australia Barat, Roger Cook, belasan ribu orang telah tiba di Exmouth sejak Rabu pagi. Mereka memilih spot terbaik seperti di Carnarvon, Coral Bay, dan Onslow. Di Indonesia, gerhana matahari hibrida sudah mulai terpantau di beberapa titik. Ribuan warga juga antusias untuk melihat fenomena ini.

Gerhana Matahari Hibrida bisa disaksikan di beberapa wilayah Indonesia timur, seperti Pulau Kisar, Pulau Maopora, Pulau Damar, Pulau Watubela, Kampung Antalisa (Fakfak), Randepandai, Roswar, Pulau Num, Wooi, Serui, dan Biak Kota. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles