5.3 C
New York
Saturday, March 2, 2024

Sambut Lebaran 2023, Permintaan Kue Kering Rumahan Naik 50%

Medan, MISTAR.ID

Berkah Ramadan 1444 Hijriah/2023 kali ini cukup dirasakan pengrajin kue kering. Tahun ini, permintaan kue kering rumahan naik 50% bila dibandingkan tahun lalu. Seperti yang disebutkan Wiwin salah satu pembuat kue kering rumahan yang kebanjiran orderan lagi.

“Alhamdulillah, naik 50% bila dibanding lebaran tahun lalu,” kata Wiwin pada Mistar, Kamis (20/4/23).

Wanita eks pekerja kantoran ini mengaku orderan kue kering rumahan miliknya juga dipasok hingga ke Aceh. Ia juga mengaku membuka orderan sejak 1 Maret 2023 dan sudah tutup orderan tanggal 10 April 2023.

“Kalau harga masih sama seperti harga Imlek kemarin. Tapi kalau dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu, harga Lebaran kali ini lebih banyak penyesuaian. Jadi kayak dihitung ulang lagi modalnya satu-satu. Misal, ada harga yang sebelumnya tinggi, tapi ternyata setelah hitung modal ulang bisa dituruni harganya, maka aku turunkan begitu juga sebaliknya,” jelasnya.

Baca juga: Pengusaha Kue Kering Raup Untung Saat Momen Lebaran

Dikatakan Wiwin hitung modal ulang ini udah mulai dilakukan di 2022 sekitar bulan November. Baru selesai di Januari 2023. Mengingat banyak macam kue, agar tidak salah penghitungannya.

“Sejauh ini yang paling laris manis adalah lidah kucing dan nastar. Bila dibandingjan pada Imlek kemarin lidah kucing nutella paling laris. Lebaran ini lidah kucing yang original,” bebernya.

Saat ditanyakan terkait bahan-bahan kue seperti apa saat ini. Wiwin menuturkan ada kenaikan untuk produk super premium atau kualitas nomor satu.

Baca juga: Meraup Rezeki dari Bisnis Kue Lebaran

“Seperti tepung, mentega, margarin. Tapi kenaikan masih bisa tertutupi dengan harga jual yang sudah aku sesuaikan sebelumnya. Tapi untuk beberapa barang yang kualitasnya di bawah, malah ada yang turun harga dan sebagian lagi masih sama harganya,” pungkas
Wiwin.

Terpisah hal yang sama dikatakan Dora salah satu pengrajin kue kering rumahan dengan label Fahmi Cookies. Dikatakan Dora permintaan kue kering sudah masuk di awal-awal Ramadhan. “Alhamdulillah tahun ini jauh lebih baik. Semoga lebih baik lagi untuk
di tahun ke depannya,” pungkasnya. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles