24.6 C
New York
Saturday, June 1, 2024

Ribuan Hektare Hutan di Portugal Terbakar, Ratusan Turis Terpaksa Dipindahkan dari Sejumlah Resor

Kota Mangualde juga hancur oleh kobaran api yang tak kunjung padam sejak dini hari.

Institut Laut dan Atmosfer Portugal (IPMA) memperingatkan bahwa Distrik Beja dan Faro juga berisiko dilanda kebakaran.

Para ahli mengatakan gelombang panas Iberia diperkirakan akan berlangsung hingga Kamis, meningkatkan kemungkinan terjadinya kebakaran.

Agensi cuaca Spanyol, Ruben del Campo, mengatakan cuaca minggu ini akan lebih intens, meluas dan sedikit lebih lama dibanding Juli lalu. Suhu masih sering mencapai lebih dari 40 derajat Celsius di Portugal karena suhu ekstrem selama musim panas.

Lisbon ditambahkan ke daftar kota dan kota-kota yang berada di bawah peringatan cuaca merah.

Kebakaran Hutan di Yunani, Sebanyak 19 Ribu Orang Sudah Dievakuasi

Suhu diperkirakan akan mencapai 44 derajat Celsius di ibukota Lisbon. Para ahli cuaca telah menyatakan tahun 2023 sebagai tahun El Ni̱o Рfenomena alam yang terjadi secara siklus dan menyebabkan fluktuasi iklim global.

Organisasi Meteorologi Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan bahwa fenomena ini akan meningkatkan suhu di seluruh dunia, dan efeknya kemungkinan akan terus berlanjut sepanjang tahun.

Ini terjadi beberapa minggu setelah kebakaran hutan di Yunani, yang memaksa lebih dari 20.000 wisatawan dan penduduk setempat mengungsi.

Kebakaran hebat pada 18 Juli 2023 di Pulau Rhodes itu dengan cepat menyebar ke pantai timur dan selatan – kawasan dengan banyak resor pantai. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles