14.5 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Protes Pertemuan Biden di Bali, Korut Tembakkan Rudal Balistik

Pyongyang, MISTAR.ID

Korea Utara menembakkan rudal balistik untuk kedua kalinya, Jumat (18/11/22), setelah mereka memprotes pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dengan sejumlah pemimpin negara lainnya di sela KTT G20 Bali.

Sebagaimana dilansir AFP, Kepala Staf Gabungan Korsel melaporkan militer mereka mendeteksi peluncuran rudal balistik yang belum teridentifikasi ke arah timur. Ini merupakan kali kedua Korut menembakkan rudal pekan ini. Korut juga melontarkan rudal ke arah Laut Timur, Kamis (17/11/22).

Rudal pertama itu ditembakkan tak lama setelah Menteri Luar Negeri Korut Choe SonHui mengkritik pertemuan trilateral antara AS, Korsel, dan Jepang di sela KTT G20 Bali.

Baca Juga:Korea Selatan Waswas! Korut Luncurkan Empat Rudal Balistik

Dalam pertemuan itu, Biden bersama Presiden Korsel Yoon Suk Yeol, dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, mengkritik uji coba rudal Korut beberapa bulan belakangan.

Selain itu, mereka juga sepakat untuk memperkuat kerja sama keamanan di tengah ancaman Korut. Ketiga kepala negara bahkan tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan senjata nuklir.

Setelah hasil pertemuan itu tersebar, Choe langsung menyatakan bahwa “latihan perang untuk agresi” yang dilakukan AS, Jepang dan Korsel tidak membuat Korut gentar.

Baca Juga:Korut Kembali Tembak 3 Rudal, Jepang Evakuasi Warganya

Menurut Choe, sikap AS, Korsel dan Jepang itu justru bakal membawa ancaman lebih serius dan realistis bagi diri mereka sendiri.

“Semakin bertekad AS untuk memperkuat tawaran pertahanan ke sekutunya dan semakin provokatif aktivitas militer, balasan militer Korut juga akan lebih keras,” ucapnya.

Ia kemudian berkata, AS akan menyadari bahwa mereka bertaruh, dan mereka akan menyesalinya. (cnn/hm14)

Related Articles

Latest Articles