20.4 C
New York
Friday, July 19, 2024

Presiden ke-9 Vietnam Nguyen Phu Trong Tutup Usia

Hanoi, MISTAR.ID

Ketua Partai Komunis Vietnam sekaligus Presiden ke-9 Nguyen Phu Trong, meninggal dunia di usia 80 tahun. Media pemerintah Vietnam menyampaikan Nguyen tutup usia pada dini hari ini waktu setempat.

Menurut informasi dari tim medis, Jumat (19/7/24), Trong meninggal dunia karena usia tua dan penyakit serius yang dideritanya. Belum diketahui pasti penyebab pemimpin Partai Komunis Vietnam itu meninggal dunia.

Namun, sejak beberapa waktu terakhir Trong dikabarkan jatuh sakit dan sedang fokus memulihkan kesehatannya. Lantaran kondisinya yang semakin menurun, Trong menyerahkan tugas-tugasnya ke Presiden Vietnam, To Lam, Kamis (18/7/24).

Baca Juga : Diduga Enam Turis Vietnam di Bangkok Tewas Diracun Sianida

Trong sejak 2011 telah menjabat sebagai pemimpin Partai Komunis. Meski Vietnam secara resmi tidak memiliki pemimpin tertinggi, kepala partai memegang posisi paling berkuasa di negara tersebut.

Sejak 2017, Trong telah menggencarkan pemberantasan korupsi ala Tiongkok, yang dikenal sebagai “tungku api yang menyala-nyala.” Namun, dalam beberapa bulan terakhir penganut ideologi Marxis-Leninis tersebut tampak lemah dan rapuh di berbagai acara publik. Ia juga tidak menghadiri beberapa pertemuan tingkat tinggi. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles