6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

PPIH Siapkan Posko Kesehatan di Arafah, Muzdalifah dan Mina

Arab Saudi, MISTAR.ID

Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPIH) di Arab Saudi telah menyiapkan posko kesehatan primer dan beberapa posko kesehatan satelit jelang puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

“Posko kesehatan primer dan enam posko satelit telah dibangun di beberapa lokasi dekat tenda jamaah di Arafah,” kata Juru Bicara PPIH Pusat, Akhmad Fauzin, Kamis (22/6/23).

Pendirian posko tersebut bertujuan untuk mendekatkan fasilitas kesehatan bagi jemaah haji. Pos medis satelit hanya memberikan pertolongan pertama.

“Jika pasien membutuhkan perawatan lebih lanjut, mereka dapat dirujuk ke posko kesehatan primer di Arafah, Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Mekkah, atau rumah sakit lokal di Arab Saudi,” kata Fauzin.

Baca juga: PPIH Arab Saudi: Ada 22 Calhaj Indonesia Masih Dirawat Inap di KKHI Madinah

Ia menginformasikan, posko kesehatan primer di Arafah dapat menampung sekitar 30 tempat tidur perawatan dan dilengkapi untuk merawat jemaah yang menderita serangan panas.

Jamaah haji akan tiba di Arafah pada hari ke-9 bulan terakhir dalam penanggalan Islam, Dzulhijjah, yang diperkirakan jatuh pada tanggal 27 Juni 2023.

Setelah menuntaskan manasik haji di Arafah, jamaah akan bermalam di Muzdalifah. Sebanyak 11 posko kesehatan yang akan dioperasikan oleh tim kesehatan dari KKHI di Mekkah telah disiapkan di Muzdalifah.

Baca juga: PPIH Arab Saudi: Ada 22 Calhaj Indonesia Masih Dirawat Inap di KKHI Madinah

Posko ini hanya dibuka satu malam saat jamaah haji berada di Muzdalifah. Pagi harinya, tenaga kesehatan akan kembali ke KKHI di Mekkah, sedangkan jamaah akan melanjutkan perjalanan ke Mina.

“Tim kesehatan KKHI di Mekkah akan siaga menangani kasus rujukan dari posko kesehatan di Mina,” kata pengurus PPIH dengan menekankan pihaknya telah membangun posko kesehatan primer di Mina yang akan dioperasikan oleh petugas medis dari KKHI Madinah.

Fauzin mengatakan, total 197.667 jamaah dari 516 kloter penerbangan telah tiba di Arab Saudi hingga pukul 12 malam. Waktu Standar Indonesia Bagian Barat (WIB/UTC+7) pada 21 Juni 2023, berdasarkan Sistem Informasi Penyelenggaraan Ibadah Haji (Siskohat) Kementerian Agama Kementerian Agama.

Sedangkan jemaah haji yang meninggal dunia di Arab Saudi sebanyak 109 orang. (antara/hm17)

 

 

Related Articles

Latest Articles