23.1 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Pertemuan PM Inggris dan Presiden China Tiba-Tiba Batal di Bali

Jakarta, MISTAR.ID

Pertemuan yang direncanakan antara Perdana Menteri (PM) baru Inggris Rishi Sunak dan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Bali pada hari Rabu (16/11/22) ini, tiba-tiba dibatalkan. Pembatalan pertemuan ini disampaikan pihak Downing Street atau kantor PM Inggris hari Rabu ini.

“Pertemuan itu dibatalkan karena masalah penjadwalan,” kata juru bicara PM Inggris kepada AFP, Rabu (16/11/2022).

Pertemuan itu, yang diumumkan pada Selasa (15/11) malam, tadinya akan menjadi pertemuan puncak pertama antara kedua negara dalam waktu hampir lima tahun.

Baca juga:Presiden AS dan China akan Bertemu di KTT G20 Bali

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning berkata: “Saya tidak punya informasi untuk dibagikan dengan Anda.”

“Saya ingin menekankan bahwa China berkomitmen untuk mempromosikan perkembangan hubungan China-Inggris yang sehat dan stabil,” tambahnya.

“Kami berharap Inggris bekerja sama dengan China,” katanya lagi.

Baca juga:Menteri Inggris Akan Bertemu Presiden Taiwan Bahas Perdagangan

Sebelumnya, Downing Street mengatakan Sunak berencana menyerukan “hubungan yang jujur dan konstruktif” antara London dan Beijing dalam pembicaraan dengan Xi Jinping.

“Tantangan yang ditimbulkan oleh China bersifat sistemik dan jangka panjang,” kata Downing Street dalam sebuah pernyataan, menyebut tentang “niat kepemimpinan otoriter Beijing untuk membentuk kembali tatanan internasional”. (detik/hm06)

Related Articles

Latest Articles