20.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Persiapan Pencalonan, Juri Putuskan Trump Terbukti Lakukan Serangan Seksual

New York, MISTAR.ID

Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump diputuskan terbukti melakukan serangan seksual terhadap kolumnis majalah Amerika Elle, Jean Carroll pada tahun 1990 an dan memfitnahnya dengan mencapnya sebagai pembohong.

Keputusan itu diambil 9 orang Juri New York pada Selasa (9/5/2023) dan menjadi pukulan bagi Trump yang sedang mempersiapkan pencalonannya lagi dalam Pilpres AS.

Kesembilan juri di Pengadilan Federal Manhattan memutuskan Carroll berhak atas kompensasi dan ganti rugi sebesar 5 juta dollar AS.

Baca juga: Mantan Penasihat Donald Trump Didakwa Melakukan Penipuan di New York

Dalam mengambil keputusan itu, Dewan Juri berunding kurang dari 3 jam. Mereka menolak penyangkalan Trump telah menyerang Carroll secara seksual dan mengabulkan tuntutan sang kolumnis.

Untuk memutus Trump bertanggung jawab, juri beranggotakan 6 pria dan 3 wanita itu diminta untuk mengambil keputusan dengan suara bulat.

Dilansir dari AFP, Carroll (79) menggugat Trump pada tahun lalu. Dia menuduh Trump memerkosanya di sebuah ruang ganti pakaian di toko mewah Bergdorf Goodman di Manhattan’s Fifth Avenue pada tahun 1996 atau 20 tahun sebelum menjadi Presiden AS.

Mantan kolumnis majalah Elle itu juga mengeklaim, Trump telah memfitnahnya ketika menyebut dirinya sebagai ‘penipu total’. Ini setelah Carroll mengumumkan tuduhan itu pada 2019.

Baca juga: Deretan Wanita Cantik yang Pernah Menjadi Istri Donald Trump

“Saya sama sekali tidak tahu siapa perempuan ini,” tulisnya menggunakan huruf kapital semua. “Putusan ini memalukan kelanjutan dari perburuan penyihir terbesar sepanjang masa,” tambahnya.

Sementara Tim kampanye Trump 2024 mengatakan, kasus itu adalah upaya politik yang dimaksudkan menggagalkan upaya Trump untuk mendapatkan kembali Gedung Putih dan akan mengajukan banding.

Diketahui Trump adalah kandidat terdepan untuk nominasi Partai Republik dalam Pilpres AS 2024 mendatang. (kompas/hm16)

Related Articles

Latest Articles