-1.7 C
New York
Sunday, February 25, 2024

Pencari Suaka Membludak, Finlandia Tutup Perbatasan dengan Rusia

Helsinki, MISTAR.ID

Otoritas Finlandia akan menutup seluruh perbatasannya dengan Rusia bagi para pelancong selama dua pekan ke depan. Langkah ini dimaksudkan untuk menghentikan membludaknya para pencari suaka yang masuk ke negara Nordik tersebut, yang menurut Finlandia dan sekutu-sekutunya, diatur oleh Rusia.

Dilansir Reuters, Rabu (29/11/23), otoritas Finlandia pekan lalu menutup semua pos perbatasannya, kecuali satu pos, bagi para pelancong dari Rusia, dan hanya membuka pos penyeberangan paling utara yang terletak di Arktik. Namun, kini pos tersebut juga akan ditutup oleh Finlandia.

Sekitar 900 pencari suaka dari negara-negara seperti Kenya, Maroko, Pakistan, Somalia, Suriah dan Yaman memasuki wilayah Finlandia dari Rusia pada November ini. Menurut Penjaga Perbatasan Finlandia, angka itu tercatat meningkat dibandingkan data sebelumnya.

Keputusan untuk menutup delapan perlintasan perbatasan itu, menurut Penjaga Perbatasan Finlandia, berarti hanya kereta-kereta kargo yang dapat melintas antara kedua negara.

Baca Juga : Pencari Suaka Asal Afghanistan Minta Gubernur Bantu Masalah Mereka

Helsinki menuduh Moskow mengirimkan warganya ke perbatasan sebagai pembalasan atas keputusan meningkatkan kerja sama dengan Amerika Serikat (AS). Tuduhan itu telah dibantah oleh Kremlin.

Finlandia membuat marah Rusia pada awal tahun ini ketika negara itu bergabung dengan aliansi NATO, yang mengakhiri sikap non-blok militer Helsinki selama bertahun-tahun, akibat invasi Moskow di Ukraina.

“Ini merupakan operasi pengaruh oleh Rusia dan kami tidak akan menerimanya,” tegas Perdana Menteri (PM) Petteri Orpo dalam konferensi pers.

Pada Senin (27/11/23) waktu setempat, Orpo menyebut negaranya memiliki informasi intelijen soal otoritas Rusia membantu para pencari suaka dan meskipun perbatasan Finlandia ditutup, masih ada lebih banyak orang yang bergerak menuju Finlandia dari Rusia.

Baca Juga : Putus Asa Cari Suaka, Puluhan Migran Sembunyi Di Pecahan Kaca Dan Abu Beracun

Pekan ini, tepatnya pada Senin (27/11/23) waktu setempat, tercatat hanya ada tiga pencari suaka yang tiba di Finlandia melalui stasiun terpencil Raja-Jooseppi, pos perbatasan terakhir yang masih dibuka, dan pada Selasa (28/11/23) waktu setempat, sama sekali tidak ada pendatang yang masuk ke negara tersebut.

Stasiun-stasiun perbatasan, sebut pemerintah Finlandia, akan tetap dibuka pada Rabu (29/11/23) waktu setempat sebelum ditutup sepenuhnya pada 13 Desember mendatang. (dtc/hm24)

Related Articles

Latest Articles