17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Pemadaman Listrik, Rusia Menyerang Pembangkit Listrik Tenaga Panas Ukraina

Moskow, MISTAR.ID

Tentara Rusia menyerang pembangkit listrik tenaga panas di salah satu wilayah garis depan Ukraina pada 30 Oktober. Menurut laporan dari perusahaan energi swasta terbesar di negara itu, DTEK, serangan tersebut merusak peralatan di fasilitas DTEK secara signifikan.

Menyebabkan pemadaman listrik dan pasokan air di masyarakat sekitar namun tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. DTEK tidak merinci wilayah mana yang menjadi sasaran.

Secara terpisah, Menteri Dalam Negeri Ihor Klymenko mengatakan tentara Rusia menembaki fasilitas energi di provinsi Donetsk pada malam tanggal 30 Oktober.

Baca juga : Jet Tempur SU-34 Rusia Meluncurkan Rudal Jelajah Kh-59 di Ukraina

DTEK menambahkan jajarannya sedang berupaya memulihkan pasokan listrik dan air bagi warga. Rusia telah berulang kali menyerang infrastruktur penting di Ukraina sejak awal Oktober 2022, menewaskan puluhan orang dan menyebabkan pemadaman listrik yang meluas di seluruh negeri.

Moskow mengakui sistem energi Ukraina adalah salah satu tujuan utamanya. Menurut Konvensi Jenewa, menyerang infrastruktur publik yang penting adalah kejahatan perang.

Baca juga : Rusia Menembak Jatuh 3 Rudal Ukraina di Crimea

Saat Ukraina bersiap menghadapi peningkatan serangan Rusia terhadap jaringan energinya di musim dingin, persiapan juga dilakukan untuk meminimalkan kerusakan dan melindungi infrastruktur penting. (bisnis/hm18)

Related Articles

Latest Articles