21.4 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Pelantikan Uskup di Keuskupan tidak Diakui Tahta Suci, Vatikan Minta Otoritas China Beri Penjelasan

Jakarta, MISTAR.ID

Vatikan menuduh pihak berwenang China melanggar perjanjian bilateral tentang penunjukan uskup, pada Sabtu (26/11/22). Hal ini karena pihak otorita China menunjuk dan melantik uskup di keuskupan yang tidak diakui oleh Tahta Suci.

Pernyataan itu mengatakan Vatikan telah mengetahui “dengan terkejut dan menyesal” bahwa uskup dari distrik lain telah ditunjuk sebagai asisten atau asisten uskup di Jiangxi.

Dilansir Reuters, pengangkatan yang tidak sah tampaknya menjadi salah satu pelanggaran paling serius terhadap perjanjian 2018 antara Vatikan dan Beijing tentang penunjukan uskup.

Baca juga:Bobby Nasution Launching Rumah Ibadah Mandiri di Keuskupan Agung Medan

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China tidak segera menanggapi permintaan komentar terhadap isu tersebut.

Perjanjian tersebut, yang oleh beberapa umat Katolik dikecam sebagai penjualan kepada otoritas komunis China, telah diperpanjang dua tahun pada bulan Oktober. Detailnya masih dirahasiakan.

Vatikan tidak mengakui Jiangxi sebagai keuskupan, kata pernyataan itu, menambahkan bahwa fasilitas itu tidak “sesuai dengan semangat dialog” yang disepakati kedua pihak pada 2018.

Dikatakan, tanpa memerinci, bahwa Uskup Giovanni Peng Weizhao diangkat “setelah tekanan kuat dari otoritas lokal”.

Kantor berita Katolik, AsiaNews mengatakan Peng diam-diam ditahbiskan sebagai uskup dengan izin Paus pada tahun 2014, empat tahun sebelum perjanjian, dan ditahan di penjara selama enam bulan pada saat itu.

Vatikan sedang menunggu penjelasan dari otoritas China dan berharap “insiden serupa tidak akan terjadi lagi,” kata pernyataan itu, dikutip Minggu (27/11/22).

Perjanjian tersebut merupakan upaya untuk menjembatani perpecahan yang telah berlangsung lama di daratan China, antara massa bawah tanah pro-paus dan gereja resmi yang didukung. Untuk pertama kalinya sejak tahun 1950-an, kedua belah pihak mengakui paus sebagai kepala tertinggi Gereja Katolik.

Kritikus, Cardinal Joseph Zen, mantan Uskup Agung Hong Kong, menyalahkan dia karena membuat terlalu banyak konsesi ke China.

Pernyataan Vatikan itu muncul sehari setelah pengadilan Hong Kong memutuskan Zen dan lima orang lainnya bersalah karena mendaftarkan yayasan yang sekarang sudah tidak berfungsi lagi untuk pengunjuk rasa pro-demokrasi.

Baca juga:Bobby Nasution Launching Rumah Ibadah Mandiri di Keuskupan Agung Medan

Hanya enam uskup baru yang diangkat sejak kesepakatan itu ditandatangani, yang menurut para penentang membuktikan bahwa kesepakatan itu tidak memberikan efek yang diinginkan. Mereka juga menunjuk pada peningkatan pembatasan kebebasan beragama bagi orang Kristen dan minoritas lainnya di China.

Ketika kesepakatan itu terakhir diperbarui, Sekretaris Negara Cardinal Pietro Parolin, arsitek utamanya mengatakan bahwa sementara pencapaian sejak 2018 “mungkin tampak kecil”, dalam konteks sejarah yang saling bertentangan, itu adalah “langkah penting menuju penyembuhan luka yang progresif ditimbulkan” pada Gereja Tionghoa.
(cnbc/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles