13.5 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Paus Fransiskus Terima Pengunduran Diri Uskup di Polandia Setelah Skandal Seks Gay di Keuskupan

Vatikan, MISTAR.ID

Paus Franciscus telah menerima pengunduran diri Uskup Grzegorz Kaszak setelah keuskupannya di Polandia diguncang laporan skandal pesta seks gay yang melibatkan seorang pekerja seks pria di apartemen seorang pastor, serta sejumlah insiden kekerasan yang melibatkan para pendetanya.

Melansir The Guardian, Vatikan tidak memberikan alasan mengapa Uskup Grzegorz Kaszak mengundurkan diri sebagai kepala keuskupan Sosnowiec, di barat daya Polandia. Pada usia 59 tahun, Kaszak jauh lebih muda dari usia pensiun normal uskup yaitu 75 tahun.

Keuskupan Sosnowiec menjadi sorotan setelah salah seorang pastor diinvestigasi terkait dugaan menyelenggarakan pesta seks di apartemennya di Dąbrowa Górnicza. Pesta itu disebut melibatkan seorang pekerja seks komersial.

Baca Juga: Sebut Perang di Gaza Timbulkan Pembunuhan Massal, Israel Minta Sekretaris PBB Mundur

Media Polandia melaporkan bahwa salah seorang peserta pesta seks tersebut pingsan karena mengalami overdosis pil disfungsi ereksi.

Seorang jaksa penuntut mengatakan bahwa pastor tersebut dicurigai ‘gagal memberikan bantuan kepada seseorang yang nyawanya terancam’ karena diduga mencoba menghalangi paramedis untuk masuk ke dalam apartemen.

Ini bukan insiden pertama yang melibatkan klerus dari keuskupan menjadi berita utama.

Pada tahun 2010, penjabat rektor seminari Sosnowiec diduga terlibat perkelahian di sebuah klub gay. Tetapi dia tetap diizinkan untuk bekerja di sana selama lebih dari satu tahun bahkan setelah kasus itu dipublikasikan oleh media Polandia.

Related Articles

Latest Articles