22.4 C
New York
Monday, July 22, 2024

Nyaris 3 Jam Kota Pelabuhan di Yaman Digempur Rudal Israel

Sana’a, MISTAR.ID

Rudal-rudal yang diluncurkan dari 2 jenis jet tempur Israel selama 3 jam menyerbu kota pelabuhan Hodeidah, Yaman, sehingga kondisinya porak-poranda dan mencekam, pada Sabtu (20/7/24) dini hari waktu setempat.

Informasi dari Jerusalem Post, seperti dirangkum pada Senin (22/7/24) serbuan-serbuan rudal dari jet tempur militer Tel Aviv jenis F-15, dan pesawat tempur siluman F-35 produksi Amerika Serikat (AS) itu membutuhkan waktu 2 jam 50 menit.

Ada sebanyak 10 kali tabrakan rudal dari 2 jet tempur Israel tersebut meluluhlantakkan basis-basis dan logistik kelompok Houthi di Kota Hodeidah.

Baca juga:1 Warga Israel Tewas Akibat Serangan Drone Houthi

Pernyataan pasukan pertahanan Israel (IDF), bahwa serangan itu merupakan balasan terhadap serbuan drone Houthi dari Yaman yang menerobos pertahanan super ketat Israel. Serbuan pesawat nirawak itu pun menewaskan 1 orang dan melukai sedikitnya belasan orang.

Tel Aviv pun mengerahkan F-15 dan F-35 pada pukul 03.00 waktu setempat dan dapat mengenai target darat pada pukul 06.00.

Jumlah pasti pengerahan jet-jet tempur Israel sejauh 1.800 kilometer yang menggempur daerah Yaman masih dirahasiakan IDF.

Akan tetapi Jerusalem Post menginformasikan lewat video IDF beberapa jet tempur Israel bergentayangan di udara Yaman meluncurkan rudal-rudal ganas mereka.

Baca juga:Penduduk Israel Diminta Minggat dari Palestina

Serbuan itu pun diklaim Israel dapat  meratakan beberapa depot logistik Houthi, termasuk fasilitas pemurnian bahan bakar di Kota Hodeidah. Sebanyak 6 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka imbas gempuran rudal-rudal tersebut.

Israel mengklaim, jika pelabuhan itu dipakai Houthi untuk menyelundupkan senjata seperti bantuan kemanusiaan yang dikirim Houthi ke Gaza.

Namun Houthi menampik tudingan itu. Milisi bersenjata penguasa Yaman itu menyatakan, pelabuhan Hodeidah difungsikan khusus untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Ini justru tak membuat Houthi lalu melemah. Mereka bahkan berikrar bakal melakukan serangan besar-besaran ke area Israel sebagai respons terhadap serbuan negara zionis itu ke Kota Hodeidah. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles