15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

NATO Minta Turki Segera Ratifikasi Keanggotaan Swedia

Swedia membutuhkan suara bulat dari 31 anggota NATO untuk bergabung dengan aliansi itu. Turki dan Hungaria menunda ratifikasi keanggotan Swedia.

Erdogan secara terbuka mengatakan dia menahan persetujuan negaranya karena meyakini Swedia terlalu lunak terhadap militan Kurdi dan kelompok lain yang dianggap sebagai ancaman keamanan.

Turki juga marah dengan serangkaian protes pembakaran Alquran di Swedia. Dalam pertemuan puncak NATO di ibu kota Lithuania pada Juli, Erdogan menyebutkan akan mengirimkan protokol aksesi Swedia ke parlemen Turki untuk diratifikasi.

Baca juga : NATO Diprediksi Bubar

Stoltenberg  menyambut baik komitmen Menteri Pertahanan Turki, Yasar Guler bahwa Turki akan mendukung ratifikasi itu. Namun masih belum diketahui kapan Ankara akan melakukan hal tersebut.

Erdogan membatalkan untuk menahan ratifikasi keanggotaan Swedia di NATO pada Juli setelah pemerintahan Biden mengisyaratkan penjualan 40 jet tempur F-16 baru dan peralatan modernisasi dari Amerika Serikat.

Ankara juga menerima jaminan dari Swedia bahwa ratifikasi akan membantu menghidupkan kembali upaya Turki untuk bergabung dengan Uni Eropa.

Related Articles

Latest Articles